45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadan Dimulai Sabtu 2 April 2022

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 02 April 2022
0 dilihat
45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadan Dimulai Sabtu 2 April 2022
Suasana sekitar Kabah di Arab Saudi saat malam hari. Foto: Repro abusiraj.com

" Penetapan 1 Ramadan oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut disampaikan anggota Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa Serikat Arab, Ibrahimi Al-Jarwan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Berbeda dengan di Indonesia yang menetapkan 1 Ramadan 1443 H pada 3 April 2022, Arab Saudi menetapkan awal Ramadan tahun ini pada Sabtu 2 April 2022.

Melansir deskjabar.pikiran-rakyat.com, dengan penetapan 1 Ramadan 2022 pada Sabtu 2 April 2022, tercatat sebanyak 45 negara mengikuti jejak penetapan Arab Saudi.

Penetapan 1 Ramadan oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut disampaikan anggota Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa Serikat Arab, Ibrahimi Al-Jarwan.

Menurut Ibrahimi Al-Jarwan, sebagian besar negara-negara Arab akan memulai Ramadan pada hari-hari berikutnya.

Ramadan 2022 atau 1433 Hijriah di Arab Saudi, akan berlangsung selama 30 hari atau bertahannya sampai awal Mei 2022. Sehingga, Idul Fitri akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Untuk penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah, ditentukan oleh penampakan hilal. Arab Saudi dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya mengandalkan membuktikan para pengamat hilal.

Hilal tanda dimulainya 1 Ramadan 1443 Hijriah yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi sering jadi penetapan sejumlah negara.

Baca Juga: Pemerintah: 1 Ramadan 1443 H Jatuh pada Minggu 3 April 2022

Sebuah tim pengamat astronomi di Hautat Sudair Arab Saudi, sebuah desa yang terletak di perempatan antara Riyadh, Sudair, dan Qassim, akan mengamati penampakan hilal.

Desa tersebut berada di pegunungan terpencil, terletak di barat daya kota, jauh dari polusi industri dan terletak 780 hingga 930 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini dipilih oleh tim astronom khusus selama enam bulan.

Komite Penampakan Bulan di Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan tanggal resmi Ramadan.

Mahkamah Agung Kerajaan sering meminta warga Saudi untuk bergabung dalam upaya melihat bulan sabit.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Puluhan Remaja di Konut Gelar Konvoi

Mengutip dari laman Aljazeera, negara-negara Islam yang mengacu pada penentuan hilal 1 Ramadan yang dilakukan Arab Saudi adalah Bahrain, Mesir, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu juga tercatat 45 negara dunia mengikuti jejak Arab Saudi menetapkan 1 Ramadan pada 2 April 2022.

Adapun ke-45 negara yang mengikuti jejak Arab Saudi adalah Afghanistan, Albania, Armenia, Austria, Azerbaijan, Bahrian, Belgia, Bolivia, Bulgaria, Burkina Faso, Chechnia, Denmark, Finlandia, Georgia, Hongaria, Islandia, Irak (Sunni mengikuti Saudi).

Kemudian negara lainnya adalah, Italia, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kirgizstan, Lebanon, Mauritania, Belanda, Palestina, Qatar, Rumania, Rusia, Singapura, Sudan, Swedia, Swiss, Suriah, Taiwan, Tajikistan, Tatarstan , Togo, Turkmenistan, UEA, Inggris, Uzbekistan, dan Yaman. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga