45 Warga Bombana Menolak Diswab

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 21 Mei 2020
0 dilihat
45 Warga Bombana Menolak Diswab
Pengambilan sampel uji swab di Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Penolakan ini kami lihat di lapangan edukasi yang tidak merata dan sampai dengan baik. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Tidak mendapatkan edukasi yang baik, 45 warga Bombana menolak jalani pengambilan sampel uji swab oleh tim medis, Kamis (21/5/2020).

Ke 45 warga tersebut, 6 orang adalah santri klaster Temboro, sementara 39 lainnya adalah mereka yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Bombana, Heryanto menyebutkan berdasarkan rencana kerja, 28 santri klaster Temboro akan jalani swab namun 6 orang santri dan mereka yang memiliki riwayat kontak dengan positif menolak.

Baca juga: Reaktif Rapid Tes Warga Akan Dikenakan Gelang Kontrol

Penolakan tersebut karena santri bersama kerabatnya mengaku telah melakukan dua kali rapid tes dengan hasil NR (Non Reaktif).

"Penolakan ini kami lihat di lapangan edukasi yang tidak merata dan sampai dengan baik," Ucap Heryanto di hadapan Kapolres Bombana.

Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman, S. IK turut prihatin jika masih ditemukan penolakan pelaksanaan protap kesehatan. Pasalnya, Tidak mungkin ada penolakan baik rapid maupun swab jika edukasi tentang standar layanan kesehatan terutama bagi masyarakat yang memiliki riwayat yang mengarah pada kasus Corona.

Baca juga: Kantor Pos Mulai Salurkan BST pada 7.616 KK

"Meski ada dasar aturan, tapi masyarakat jangan sedikit-sedikit diancam-ancam dengan aparat. Utamakan edukasi supaya masyarakat tidak salah paham," ucap Andi Herman.

Untuk menghindari munculnya masalah  sosial, Heryanto akan memastikan kembali lakukan koordinasi persuasif kepada 45 warga tersebut, agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

"Kami masih berupaya lakukan edukasi guna mengendalikan gerak mereka," tambah Heryanto.

Diketahui, 45 warga ini semestinya akan jalani swab bersama ratusan warga lainnya pada Kamis siang tadi.

Reporter: Hir

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga