adplus-dvertising

5 Bisnis Ini yang Bakal Laku Keras di 2021

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 07 Januari 2021
9478 dilihat
5 Bisnis Ini yang Bakal Laku Keras di 2021
Ilustrasi perencanaan bisnis. Foto: Repro google.com

" Anda tawarkan jasa Anda dengan pengiriman cepat, garansi 1 hari atau beberapa jam sampai, dan benar-benar harganya kita bikin flat. Bisa dilakukan awal-awal. Ketika sudah dapat reputasi, mungkin pelan-pelan kita naikkan harganya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 diprediksi masih membayangi masyarakat di tahun 2021 ini. Virus yang satu ini telah mengubah perilaku masyarakat sebagai konsumen.

Dengan demikian, secara otomatis bisnis pun juga berubah. Bagaimana tidak, virus corona sudah membuat masyarakat punya kebiasaan baru, termasuk dalam memilih kebutuhan dan keinginannya.

Dilansir dari detik.com, pada tahun 2020, bisnis dengan kategori produk peralatan hobi yang bisa dilakukan di rumah menjadi tren. Misalnya tanaman hias, ikan cupang, sepeda, dan sebagainya.


Bisnis frozen food juga marak di 2020 karena masyarakat lebih banyak makan di rumah, dan mengurangi aktivitas makan di luar rumah.

Lalu, bisnis apa yang diprediksi bakal laku keras sepanjang tahun 2021 ini?

Menurut Co-Owner Gratyo Bandung sekaligus mentor bisnis, Hendra Hilman, melihat bisnis yang berpotensi besar di 2021 dapat dilihat dari kebutuhan masyarakat yang masih dibutuhkan di tahun ini. Nantinya, dengan melihat kebutuhan masyarakat di tahun 2021, maka dapat dilihat kategori dan tipe bisnis yang berpotensi tumbuh pesat.

Baca juga: Jenuh dengan Pekerjaan Tapi Tak Bisa Resign, Ini 11 Cara Mengatasinya

Pertama, ialah kebutuhan untuk hidup sehat dan bersih, serta melindungi diri dari ancaman penyakit. Dengan melihat kebutuhan itu, maka bisnis dari kategori kesehatan dan kebersihan masih berpotensi cuan di 2021.

"Tipe bisnisnya bisa diciptakan. Pengusaha itu menciptakan, bukan hanya menjual produk orang lain, atau jadi reseller atau dropshipper. Bisa dengan bisnis masker buatan sendiri, hand sanitizer sendiri. Atau bisnis jasa, jadi infrastruktur yoga karena kita punya gerakan ciri khas Anda," kata Hendra dalam tayangan dMentor episode Potensi Bisnis 2021, Selasa (5/1/2021).

Kedua, bisnis jasa sebagai tutor online. Hendra mengatakan, dengan paksaan harus beraktivitas dari rumah, banyak orang yang ingin bisa berusaha dari rumah, mencetak uang dari rumah. Dari keinginan itu, ada potensi bisnis yang diprediksi cuan, yakni bisnis jasa sebagai tutor bisnis online, digital marketing, dan sebagainya.

"Jadi bisa saja kita punya pengalaman sendiri, dengan bisnis atau pekerjaan yang kita punya, kita bisa dapat uang. Nah, Anda bisa sharing ilmu itu ke orang lain. Anda buat video di Youtube. Ternyata, banyak yang menonton. Nah, Anda bisa dikenal dengan e-learning atau tutorial online," jelas Hendra.

Hendra mengatakan, seorang pebisnis jasa tutor online juga bisa menjadi influencer. Tentunya, influencer kini punya kesempatan dan akses yang luas untuk mendapatkan uang.

"Jadi Anda seriuskan, Anda fokuskan menjadi seorang influencer. Kalau Anda punya keunikan, talent, ya kenapa nggak dikembangkan? Itu bisnis juga, lho," terangnya.

Ketiga, bisnis yang memenuhi kebutuhan masyarakat ketika bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sama seperti tahun 2020, bisnis tersebut punya peluang cuan di 2021. Contohnya seperti bisnis tanaman hias, bisnis permainan atau game, dekorasi rumah, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya

Keempat, bisnis jasa pengiriman. Kebiasaan masyarakat yang lebih banyak berbelanja online membuat peluang bisnis jasa pengiriman untuk tumbuh itu semakin besar.

"Bisa nggak kita menjadi seperti Grab atau Gojek? Tentu bisa. Tapi ini susah? Ya tetap bisa, misalnya kita kumpulkan teman-teman, lalu kita bilang kita punya jasa pengiriman," ujar Hendra.

"Anda tawarkan jasa Anda dengan pengiriman cepat, garansi 1 hari atau beberapa jam sampai, dan benar-benar harganya kita bikin flat. Bisa dilakukan awal-awal. Ketika sudah dapat reputasi, mungkin pelan-pelan kita naikkan harganya," sambung dia.

Kelima, bisnis produk kecantikan dan kesehatan, baik barang maupun jasa. Menurut Hendra, bisnis itu berpotensi cuan di 2021 karena masyarakat tetap mau tampil keren dan fit meski beraktivitas di rumah.

"Orang ingin stay in shape di rumah. Mungkin bisa bisnis produk skin care, perawatan rambut, atau program diet, makanan untuk diet. Atau juga bisnis baju rumahan, seperti baju tidur yang keren, itu bisnis juga," pungkas dia. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga