5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah
Untuk mengatasi radang tenggorokan banyak cara bisa dilakukan, di antaranya dengan menggunakan bahan alami. Foto: google.com

" Salah satu penyakit yang seringkali menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita adalah radang tenggorokan. Penyakit satu ini bisa diatasi dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan menggunakan bahan alami di rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita adalah radang tenggorokan. Penyakit satu ini bisa diatasi dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan menggunakan bahan alami di rumah.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang rasanya sudah tidak terlalu asing di telinga masyarakat Indonesia.

Meski demikian, radang tenggorokan ternyata bukanlah penyakit yang bisa dianggap sembarangan, proses penanganan yang cepat dan tepat harus dilakukan agar radang tenggorokan tidak menjadi semakin parah.

Radang tenggorokan sendiri, biasanya ditandai dengan adanya penebalan atau pembengkakan pada dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, munculnya bintik putih yang disertai dengan datangnya nyeri pada saat menelan makanan maupun minuman. 

Baca Juga: Catat, Ini 4 Cara Mencegah Campak pada Anak

Penyebab radang tenggorokan terdiri dari berbagai macam penyebab, salah satu yang paling umum adalah disebabkan oleh virus dan kuman, serta ditambah dengan kondisi tubuh yang lemah.

Untuk mengatasi radang tenggorokan ini banyak carab isa dilakukan, diantaranya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Melansir Kompas.com dari Cleveland Clinic, berikut beberapa pertolongan pertama untuk mengobati radang tenggorokan yang bisa diterapkan dari rumah:

1. Berkumur dengan larutan garam

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang praktis lainnya bisa dengan berkumur dengan larutan garam.

Caranya cukup mudah. Larutkan 1/2 sendok teh garam atau 1/2 sendok soda kue ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur setiap tiga jam sekali. Tapi ingat, jangan ditelan.

Larutan air garam bisa jadi obat alami radang tenggorokan karena dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi.

2. Banyak istirahat

Walaupun badan dalam kondisi tidak nyaman, sebisa mungkin cobalah beristirahat. Meskipun susah tidur karena tubuh rasanya tidak nyaman, sebisa mungkin coba letakkan kepala di atas bantal untuk istirahat. Lalu coba pejamkan mata.

Jika rasa sakit atau nyeri di tenggorokan tak tertahankan, coba ganti posisi tidur dengan duduk bersandar.

3. Banyak minum wedang atau minuman hangat

Wedang atau minuman hangat bisa jadi obat alami radang tenggorokan yang praktis saat di rumah. Jadi, saat radang tenggorokan tiba-tiba menyerang, coba konsumsi wedang atau minuman hangat seperti air putih hangat, teh tanpa kafein seperti chamomile, wedang jahe, atau perasan lemon hangat yang diberi tambahan madu.  

Peranan cairan penting untuk membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasi pernapasan tetap lancar.  

Selain itu, temperatur minuman yang hangat juga bisa membantu menenangkan tenggorokan yang sedang tidak nyaman. Tapi ingat, suhunya jangan terlalu tinggi atau panas karena justru bisa mengiritasi tenggorokan.

4. Hindari pantangan radang tenggorokan

Hal yang tidak boleh dilupakanjuga untuk mengatasi radang tenggorokan adalah menghindari pantangan radang tenggorokan.  

Makanan pantangan radang tenggorokan di antaranya gorengan, makanan pedas, keripik, dan makanan yang terlalu panas.  

Selain itu, hindari juga paparan asap rokok dan alkohol atau minuman keras saat masalah kesehatan ini kambuh.  Jika Anda sudah mencoba beragam cara mengobati radang tenggorokan secara alami di atas tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.  

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Terutama jika radang tenggorokan nyerinya sampai menjalar ke telinga, susah menelan sampai membuka mulut, disertai batuk berdarah, atau kelenjar getah bening di leher membengkak.

5. Mandi air panas

Mandi air panas juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Caranya cukup mudah. Hiruplah uap panas dari pancuran saat mandi air panas. Saat menghirup uap panas dalam-dalam, saluran pernapasan terasa lega. Akibatnya, rasa nyeri akibat radang tenggorokan terasa berkurang.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami di rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga