5 Cara Alami Usir Rayap yang Bersarang di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 30 September 2022
0 dilihat
5 Cara Alami Usir Rayap yang Bersarang di Rumah
Keberadaan rayap di rumah sangat mengganggu kenyamanan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengusir, salah satunya dengan cara alami. Foto: Repro iStockphoto/eyesfoto

" Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu hewan yang mengganggu ketenangan dalam rumah adalah rayap. Hewan satu ini cukup menyebalkan, karena bisa muncul dan merusak bagian rumah, khususnya yang berbahan kayu.

Dikutip dari wikipedia, rayap atau anai-anai atau semut putih adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia.

Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

Melansir cnnindonesia.com, berikut ini beberapa cara alami mengusir rayap:

1. Pakai cuka

Melansir Varsity Termite and Pest Control, rayap ternyata bisa diusir dengan cuka. Cuka bukan hanya digunakan untuk membersihkan meja dapur, tapi juga dapat digunakan untuk membunuh rayap.

Caranya, campurkan setengah sendok makan cuka dengan jus dari dua buah lemon. Masukkan ke dalam botol, semprot di tempat yang dihuni rayap.

2. Minyak jeruk

Minyak jeruk bisa digunakan untuk membunuh rayap. Minyak ini terbuat dari kulit jeruk.

Baca Juga: 4 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

Minyak jeruk bisa membuat eksoskeleton rayap larut. Kondisi ini menyebabkan rayap kehilangan kelembaban dan protein hingga mati.

Caranya, cukup semprotkan minyak ke rayap atau di area yang Anda curigai ada rayap. Anda juga bisa menyemprotkan minyak untuk mencegah rayap masuk ke area tersebut.

Agar rayap tidak kembali, menyemprotnya secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga rumah bebas dari rayap.

3. Sinar matahari

Rayap benci sinar matahari. Bahkan, mereka bisa mati jika terlalu banyak terkena sinar matahari dan panas. Matahari bisa jadi cara alami mengusir rayap.

Jika Anda memiliki perabot yang dipenuhi rayap, bawa ke halaman untuk dijemur di bawah sinar matahari. Jika rayap berada di struktur rumah, atur lampu UV untuk menyinari area tersebut.

4. Minyak esensial

Seperti halnya minyak jeruk, essential oil lainnya juga bisa membunuh rayap. Melansir This Old House, essential oil bisa membunuh rayap secara perlahan. Caranya dengan menghambat kemampuan mereka melepaskan kulit atau bertelur.

Baca Juga: 7 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah

Cukup campurkan dua cangkir air dengan beberapa tetes sabun cuci piring dan sekitar 10 tetes essential oil. Kocok dan semprotkan pada kayu atau barang yang terinfeksi.

5. Perbaiki kayu yang terinfeksi

Melansir Architectural Digest, untuk menghilangkan rumah rayap, Anda dapat mengebor lubang di kayu yang terinfestasi sekitar 10 inci. Ini juga menjadi cara alami mengusir rayap.

Mengebor sampai merasakan bor atau obeng mengenai sarang rayap. Isi lubang dengan termitisida, lalu dempul untuk mengisinya. Metode ini paling baik untuk kayu biasa atau kayu yang dicat, bukan kayu keras berkualitas tinggi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rayap di rumah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga