5 Cara Ampuh Rawat Buku agar Awet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
5 Cara Ampuh Rawat Buku agar Awet
Penting untuk mengetahui cara menjaga buku agar awet, sehingga terus tetap bisa dinikmati. Foto: unsplash.com

" Menjaga buku tetap awet bukan pekerjaan yang sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Buku bisa awet jika kita tahu cara menjaganya "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjaga buku tetap awet bukan pekerjaan yang sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Buku bisa awet jika kita tahu cara menjaganya.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia.com, buku menjadi aset berharga yang menyimpan ratusan ilmu pengetahuan yang tak lekang oleh zaman.

Hanya saja kita sering lupa untuk menjaga buku-buku itu tetap dalam kondisi aman. Bahkan hanya membaca dan asal menyimpannya saja sehingga kertas menguning, cover terkelupas, lembar halaman yang kotor atau terlipat.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara menjaga buku agar tetap awet.

Melansir yoursay.id dari laman Book Written, berikut beberapa cara merawat buku agar tetap awet dan tidak menguning:

Baca Juga: 7 Tips Gaya Seks Woman on Top Agar Tak Gampang Lelah

1. Kelembapan Udara

Kelembapan udara sama buruknya dengan sinar matahari. Apalagi, kertas sangat mudah menyerap uap air dari udara. Persentase kelembapan ideal berkisar antara 30-50%.

Oleh karena itu, pastikan ruanganmu aman dan terkendali dari kelembapan udara.

2. Hindari dari Sinar Matahari Langsung

Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwasannya menjemur buku di bawah terik matahari akan menyebabkan buku awet.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Sinar matahari memancarkan radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kertas. Bahkan sinar lampu listrik juga cukup berbahaya bagi buku.

Hal ini dapat kita lihat di perpustakaan yang menyimpan buku kuno. Mereka tidak menaruh di bawah pancaran lampu, melainkan menyimpan barang berharga itu dengan memasang filter UV.

3. Gunakan Kertas Pelapis

Kertas pelapis dapat berfungsi sebagai pembatas antara kayu dan rak buku. Oleh karena itu, hal ini bisa mencegah bukumu cepat menguning dari proses oksidasi.

Kertas pelapis dapat mudah dibeli di toko buku atau secara online. Jadi, mulailah dari sekarang untuk melapisi bukumu memakai kertas pelapis.

4. Sirkulasi Udara

Ada satu proses yang dinamakan off gassing yaitu semacam proses pelepasan bahan kimia berbahaya dalam wujud gas. Dan buku-buku serta rak penyimpanan buku mengalami proses off gassing ini.

Tentu hal ini tidak baik bagi buku-buku kesayanganmu sebab bagi pecinta buku, buku adalah segalanya.

Baiknya pastikan sirkulasi udara cukup baik. Bila tak ada ventilasi udara yang besar, kamu bisa memasang kipas angin di dalam ruangan.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Atasi Anak Penakut

5. Suhu yang Fluktuaktif

Suhu yang tidak terkendali juga mempengaruhi awet tidaknya sebuah buku. Terutama saat cuaca panas. Namun, buku akan cepat menguning apabila suhu fluktuaktif.

Inilah alasan mengapa kamu sebaiknya jangan menaruh buku di ruangan ber-AC sebab suhu menjadi tidak stabil. Jadi, sebaiknya taruh bukumu di ruangan yang dingin tapi kering.

Nah, itulah beberapa tips merawat buku agar tetap awet dan tidak menguning. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin  

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga