5 Cara Ampuh Tingkatkan Kualitas Belajar Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 16 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Ampuh Tingkatkan Kualitas Belajar Kamu
Belajar menjadi salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan agar kualitas hidup terus meningkat. Foto: google.com

" Salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan agar kualitas hidup terus meningkat adalah belajar. Makanya belajar tidak boleh biasa saja, tapi harus dijaga kualitasnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan agar kualitas hidup terus meningkat adalah belajar. Makanya belajar tidak boleh biasa saja, tapi harus dijaga kualitasnya.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia.com, belajar merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, juga sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Arti belajar sendiri adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahaan ini terjadi dalam bentuk peningkatan kualitas perilaku, seperti diantaranya pada peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, serta dalam berbagai kemampuan lainnya.

Belajar sendiri menjadi salah satu aktivitas yang harus rutin dilakukan agar kualitas hidup terus meningkat. Makanya belajar tidak boleh biasa saja, tapi harus dijaga kualitasnya.

Baca Juga: Tips Siasati Anak Agar Tak Main Gadget

Melansir yoursay.id berikut beberapa cara ampuh untuk meningkatkan kualitas belajar:

1. Memiliki semangat dan motivasi dalam diri

Mengumpulkan semangat belajar dalam diri memang terkadang begitu sulit dilakukan, apalagi jika sudah malas rasanya ingin rebahan aja.

Malas yang kamu alami pastinya memiliki alasan, entah itu materi yang harus dipelajari sulit, ingin cepat main smartphone, atau bahkan tubuh sudah lelah karena habis melakukan aktivitas banyak.

Jika kamu sedang dalam fase capek coba istirahatkan sejenak dengan mencari hal yang menyenangkan agar pikiran kamu dapat kembali fresh.

Pikiran yang terlalu banyak beban membuat kita menjadi tidak fokus sehingga membuat motivasi dalam diri menurun. Coba ubah mindset kamu bahwa kamu bisa memalukannya.

Jangan berpikir kamu belajar hanya untuk mendapatkan ranking satu atau biar mendapat nilai bagus, berpikirlah bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Secara otomatis motivasi dalam diri kamu akan terus bertambah.

2. Mengatur jadwal

Jadwal yang berantakan sering membuat kita pusing bahkan menjadi malas untuk mulai belajar. Apalagi kita sebagai manusia sering kali lupa apabila kegiatan hadir secara bersamaan dalam satu waktu.

Untuk menghindari hal tersebut usahakan membuat jadwal seefektif mungkin agar semua kegiatan terlaksana dengan baik tanpa ada yang tertinggal.

Jangan terlalu berambisi untuk menyelesaikan semua tugas dalam satu hari, hal tersebut bisa membuat stres. Kita bisa lakukan dengan membuat jadwal satu hari minimal satu pekerjaan, dengan begitu rencana kamu pasti akan terlaksana dengan baik.

3. Fokus

Untuk meningkatkan kualitas belajar kita tidak harus memiliki waktu yang banyak. Percuma saja waktu yang kita miliki banyak tetapi hasil yang kita capai tidak tercapai, sama saja hanya buang waktu.

Maka dari itu kita harus memiliki fokus yang tinggi. Fokus yang tinggi membuat pekerjaan kita lebih efisien dalam memanfaatkan waktu. Tapi, ingat lakukan seefektif  mungkin agar bisa seefisien mungkin.

Memulai fokus bisa kita lakukan saat belajar dengan cara jauhkan smartphone dari jangkauan, atau menggunakan teknik podomoro yaitu dengan cara mengerjakan satu tugas selama 25 menit dan jeda istirahat 5 menit menggunakan timer sebagai pengingat.

4. Disiplin

Sikap disiplin sangat penting dalam diri setiap manusia, sebab percuma saja membuat target ataupun jadwal sebagus mungkin tetapi kita tidak memiliki sikap disiplin.

Dengan adanya sikap disiplin menjadikan kita lebih menghargai waktu dan bertanggung jawab pada pekerjaan kita.

Baca Juga: 3 Pekerjaan Freelance Ini Cocok untuk Mahasiswa

5. Tentukan target

Target sangat penting untuk kita meningkatkan kualitas belajar, dengan adanya target rencana kita lebih terstruktur dengan baik. Adanya target memotivasi diri untuk terus bergerak untuk dapat mencapai target yang sudah dibuat.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara seperti hari ini menargetkan untuk menyelesaikan satu materi dan satu soal, lalu apabila hal tersebut tidak dilaksanakan akan menumpuk pada hari berikutnya. 

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa Telisikers lakukan untuk meningkatkan kualitas belajar. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga