adplus-dvertising

5 Cara Cegah Kolesterol Naik Drastis saat Lebaran

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 14 Mei 2021
818 dilihat
5 Cara Cegah Kolesterol Naik Drastis saat Lebaran
Ilustrasi santapan berkolesterol tinggi di hari lebaran. Foto: Repro Shutterstok

" Salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami pada saat lebaran adalah melonjaknya kolesterol pada tubuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pada saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba, banyak orang mengalami perubahan pola makan dari sebelumnya saat puasa.

Salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami pada saat lebaran adalah melonjaknya kolesterol pada tubuh.

Melonjaknya kolesterol pada saat lebaran ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Hal ini terjadi karena tingginya konsumsi santan, daging, serta kudapan tak sehat.


Sejatinya, kolesterol merupakan semacam lemak yang memberi energi pada sel. Salah satu fungsinya adalah membentuk hormon yang diperlukan tubuh. Sayangnya kebanyakan kolesterol justru bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular.

Sejumlah tindakan bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol melonjak dengan pesat. Dilansir dari Health.Me.Up dan Merdeka.com berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah melonjaknya kolesterol.

Baca juga: 7 Olahraga Ini Efektif Bakar Lemak Setelah Menyantap Hidangan Lebaran

Baca juga: 6 Cara Mengawetkan Ketupat agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

2. Hindari Lemak Jenuh

Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol meningkat.

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

4. Makan Banyak Bayam

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran yang membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi. Bayam mengandung 13 komposisi flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

5. Makan Ikan

Ikan dengan asam lemak omega-3 juga disarankan untuk dikonsumsi agar kolesterol lebih terkendali. Oleh karena itu, jangan malas makan ikan setidaknya dua kali seminggu agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Deretan cara tersebut bisa kamu terapkan untuk mencegah melonjaknya kolesterol. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga