5 Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Sajian Olahan Idul Adha Lebih Nikmat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
5 Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Sajian Olahan Idul Adha Lebih Nikmat
Daging kambing sebaiknya dimasak dengan mencampurkan rempah-rempah guna mengurangi bau prengus. Foto: Repro kompas.com

" Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Sehingga tidak sedikit masyarakat membuat makanan dengan olahan daging, salah satunya dari olahan daging kambing "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Sehingga tidak sedikit masyarakat membuat makanan dengan olahan daging, salah satunya dari olahan daging kambing. Namun daging kambing sendiri memiliki aroma yang sedikit lebih menyengat ketimbang daging sapi.

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang biasa diolah menjadi berbagai aneka masakan. Rasanya yang lezat dan nikmat, menjadikan daging ini sangat digemari oleh semua kalangan. Namun, tak banyak mengolah makanan ini karena memiliki aroma yang kurang sedap dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Dilansir dari liputan6.com, bau prengus pada daging kambing biasanya juga timbul karena teknik memasaknya yang tidak benar. Namun jangan khawatir, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tersebut dan menjadikan masakan daging kambing memiliki tekstur empuk dan empuk.

Beberapa tips menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah:

1. Jangan mencuci dengan air

Cara membuat daging kambing tidak bau prengus adalah dengan jangan mencuci daging kambing. Pasalnya, mencuci daging kambing sebelum dimasak justru membuat daging ini menjadi alot dan prengus. Selain itu, daging kambing yang dicuci sebelum dimasak juga cenderung semakin cepat mengalami pembusukan. Ini karena daging yang dicuci bisa mengeluarkan bau prengus yang lebih kuat.

Sebaiknya daging kambing tidak dicuci dan segera direbus. Cukup rebus daging hingga mendidih dan buang air sisa kotoran tersebut. Dengan begitu, bau prengus pada daging kambing bisa hilang dan memiliki tekstur yang nikmat.

Baca Juga: Ingin Warnai Rambut tapi Takut Rusak? Yuk, Cobain Bahan Alami Ini

Dilansir dari food.detik.com, jika tak mencucinya dengan air, kamu juga cukup dengan melumuri daging dengan beberapa macam rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan daun jeruk.

2. Hilangkan bagian lemak

Cara yang selanjutnya adalah menghilangkan bagian lemaknya. Hal ini dapat dikatakan efektif sebab kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah daging membeku, Anda bisa dengan mudah memisahkan lemaknya.

3. Lumuri dengan garam

Dilansir dari food.detik.com, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau daging kambing yaitu dengan melumuri garam. Penggaraman daging mampu menghilangkan sebagian darah yang masih tersisa. Lumuri setiap sisi daging dengan garam kemudian didiamkan selama sekitar 1 jam. Lalu setelah didiamkan, bilas daging sebelum dimasak lebih lanjut

4. Jeruk nipis

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing berikutnya yaitu menggunakan jeruk nipis. Selain dapat menghilangkan bau tak sedap pada daging, jeruk nipis juga berfungsi efektif untuk melunakkan daging. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memeras jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian baluri daging kambing dengan perasan air jeruk tersebut.

Baca Juga: Catat, Ini 8 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate yang Minim Pengalaman

Dikutip dari tirto.id, berikut cara menghilangkan bau prengus saat mengolah daging kambing:

5. Perbanyak lengkuas dan daun salam

Jika ingin memasak jeroan kambing, rebusnya dalam air berisi potongan lengkuas dan daun salam. Buang busa-busa putih yang keluar dari rebusan jeroan karena di situlah sumber bau. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga