5 Cara Ini Bisa Bantu Berhenti Merokok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Ini Bisa Bantu Berhenti Merokok
Berhenti merokok merupakan proses untuk menghentikan kebiasaan merokok. Foto: google.com

" Salah satu kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan adalah merokok. Makanya penting untuk mengetahui cara berhenti dari kebiasaan buruk ini jika terlanjur ketagihan merokok "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan adalah merokok. Makanya penting untuk mengetahui cara berhenti dari kebiasaan buruk ini jika terlanjur ketagihan merokok.

Pada umumnya, dikutip dari docdoc.com, berhenti merokok merupakan proses untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Rokok atau tembakau membawa beberapa efek buruk bagi tubuh, terutama yang disebabkan kandungan nikotin sehingga menyebabkan rokok menjadi sangat adiktif.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara yang bisa membantu kamu agar berhenti dari kebiasaan merokok.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Jadi Orang Open Minded

Melansir yoursay.id dari alodokter.com, berikut beberapa tips jitu untuk berhenti dari kebiasaan merokok:

1. Meminta dukungan dari keluarga dan teman

Lingkungan adalah faktor yang teramat penting dalam mempengaruhi seseorang untuk merokok.

Fakta yang sering saya temukan adalah para laki-laki rela berhenti merokok jika diminta oleh kekasihnya.

2. Mengendalikan stres

Ketika anda sedang stres cobalah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, mendengarkan musik, atau terapi pijat. Kebanyakan orang ketika mengalami stres suka sekali merokok.

Bukan tanpa alasan, merokok memang dapat memberikan efek relaksasi berkat adanya kandungan nikotin.

3. Hipnoterapi

Alternatif lain yang bisa anda coba adalah hipnoterapi. Dari namanya kita sudah bisa sedikit mendapatkan gambaran. Ya, benar sekali cara ini adalah semacam hipnotis. Anda akan diberikan semacam sugesti agar tidak merokok lagi.

Belum bisa dipastikan seberapa efektif metode ini, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Faktanya sebagian orang mengaku bahwa mereka berhasil menjauhkan rokok dari kehidupannya karena mencoba metode hipnoterapi.

4. Melakukan terapi pengganti nikotin

Tujuan utama dari terapi ini adalah untuk mengatasi rasa stres dan meredakan gejala putus obat yang sering dialami seseorang ketika berhenti merokok.

Hal yang bisa dilakukan adalah mengubah kebiasaan merokok dengan media lain seperti permen karet, tablet hisap, inhaler, atau semprotan hidung.

5. Terapi perilaku

Hal yang perlu anda lakukan adalah konseling dengan psikolog untuk membantu mengidentifikasi faktor pemicu kebiasaan merokok anda.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Tingkatkan Kualitas Belajar Kamu

Kemudian psikolog akan memberikan solusi terbaik tentang cara untuk berhenti merokok yang paling sesuai dengan kondisi anda.

Untuk hasil terbaik, terapi ini dapat dipadukan dengan terapi pengganti nikotin dan juga obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar bisa berhenti dari kebiasaan merokok yang jelas  baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga