5 Cara Jitu Agar Tidak Mengantuk Tanpa Kopi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
5 Cara Jitu Agar Tidak Mengantuk Tanpa Kopi
Mengantuk adalah hal wajar dan kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Tapi perlu diatasi jika terjadi secara berlebihan. Foto: Repro klikdokter.com

" Kantuk merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diatasi jika terjadi secara berlebihan, mengganggu aktivitas, atau menurunkan produktivitas "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi seringkali dikonsumsi agar seseorang bisa bertahan dari tidur. Namun ternyata masih ada cara lain bisa dilakukan agar tidak mudah mengantuk.

Dikutip dari alodokter.com, kantuk atau ‘ngantuk’ adalah kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari atau kadang di siang hari.

Kantuk merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diatasi jika terjadi secara berlebihan, mengganggu aktivitas, atau menurunkan produktivitas.  

Biasanya untuk menahan diri agar tidak mudah mengantuk adalah dengan mengonsumsi kopi, namun ternyata ada cara lain yang dapat dilakukan agar tidak mudah mengantuk.

Melansir kompas.com dari Northwestern Medicine dan Healthline, berikut beberapa cara agar tidak mengantuk tanpa kopi:

1. Menghindari stres

Rasa stres yang menumpuk bisa membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk terus.

Menghindari penyebab stres dan melakukan beberapa aktivitas yang akan meningkatkan suasana hati akan membuat tubuh lebih berenergi.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Unik dengan Makna Baik

Melakukan aktivitas yang bervariasi dan beristirahat sejenak juga bisa dilakukan ketika rasa mengantuk mulai menyerang.

2. Menambah asupan nutrisi

Ketidakseimbangan gula darah bisa membuat seseorang merasa selalu mengantuk. Kondisi ini bisa diatasi dengan menambah asupan nutrisi dan makan dengan teratur.

Beberapa konsumsi makanan dengan gula tambahan juga perlu dihindari karena hanya akan memberikan energi dalam waktu singkat dan membuat tubuh semakin mengantuk.

3. Minum cukup air putih

Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab mengantuk yang umum terjadi. Memilih untuk minum air putih, daripada minum kopi, akan membuat tubuh terhidrasi lebih baik dan membuat tubuh lebih terjaga.

4. Tidur cukup

Rasa mengantuk yang timbul bisa juga disebabkan oleh waktu tidur yang kurang atau kualitas tidur yang buruk. Pastikan tidur dengan waktu yang cukup agar tidak mengantuk di pagi atau siang hari.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Buat Perut Sixpack

5. Berolahraga

Salah satu cara menghilangkan ngantuk yang muncul adalah dengan melakukan olahraga ringan, selama setidaknya 15 menit di pagi hari atau sekadar melakukan gerakan peregangan ketika kantuk datang.

Dengan berolahraga, aliran darah di dalam tubuh akan semakin lancar sehingga tidak mudah mengantuk. Tubuh juga akan memproduksi hormon endorfin yang akan meningkatkan kewaspadaan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan agar tidak mudah mengantuk. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga