5 Cara Jitu Bikin Anak Mau Bantu Pekerjaan di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
5 Cara Jitu Bikin Anak Mau Bantu Pekerjaan di Rumah
Orang tua harus punya cara untuk membuat anak mau membantu pekerjaan di rumah. Foto: nakita.grid.co

" Untuk membuat anak mau membantu pekerjaan rumah tidak terjadi begitu saja, tapi ada caranya. Hal ini pun harus diketahui orang tua agar bisa terapkan pada buah hati di rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk membuat anak mau membantu pekerjaan rumah tidak terjadi begitu saja, tapi ada caranya. Hal ini pun harus diketahui orang tua agar bisa terapkan pada buah hati di rumah.

Dikutip parenting.co.id, untuk mengizinkan anak membantu pekerjaan rumah, mungkin bukan hal mudah. Bagaimana tidak, kemampuan si kecil belum sebaik orang dewasa, kecepatannya pun belum mampu menyamai orang tua.

Kita sebagai orang tua tak harus menyuruh anak membantu dengan paksaan atau teriakan. Ada trik-trik mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat anak mau bantu pekerjaan di rumah dengan hati yang bahagia.

Melansir fimela.com, berikut beberapa tips jitu untuk membuat anak terbiasa membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah:

1. Beri Perintah atau Instruksi yang Spesifik

"Bersihkan kamarmu!" perintah ini sepintas tak ada yang salah. Tapi anak bisa bingung ketika menerimanya.

Baca Juga: 3 Cara Ini Bisa Bantu Bentuk Mental Kuat

Ada baiknya kita lebih spesifik dalam memberi perintah atau instruksi. Misalnya dengan mengucapkan, "Kumpulkan semua mainan yang berantakan, lalu taruh dalam kotak yang sudah ada di situ, ya. Setelah itu disapu lantainya sampai bersih."

Dengan begitu, anak tak akan bingung ketika menerima perintah kita.

2. Kombinasikan dengan Game Seru

Anak-anak selalu menyukai game atau permainan. Nah, coba kombinasikan game dengan kegiatan beres-beres. Sebagai contoh, jadikan kegiatan mengangkat jemuran sebagai kompetisi.

Pasang alarm dan atur waktu, siapa yang paling cepat dan banyak mengumpulkan jemuran akan dapat hadiah.

Game atau permainan bisa disesuaikan dan sebaiknya divariasi dari waktu ke waktu agar anak tak bosan.

3. Buat Daftar Pekerjaan

Cara ini baru bisa dilakukan untuk anak-anak yang sudah bisa membaca. Buat daftar atau jadwal kegiatan kapan waktunya bersih-bersih dan pekerjaan rumah tangga apa saja yang perlu dilakukan.

Tapi tetap masukkan juga jadwal bermain, belajar, dan istirahat. Misalnya, setiap pukul 4 sore hari Selasa ada jadwal menyiram bunga di halaman rumah.

Untuk bisa memotivasi anak, nggak ada salahnya untuk menyediakan hadiah atau penghargaan khusus setiap kali ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

4. Sebisa Mungkin Jangan Mengulangi Pekerjaan yang Baru Dibereskan Anak

Kita perlu ingat bahwa tujuan kita adalah mendorong anak mau membantu. Kalau kita mengulangi lagi pekerjaan yang baru dibereskan anak, secara tidak langsung kita memberitahu mereka kalau pekerjaan mereka nggak beres. Sehingga mereka nantinya jadi enggan atau malas membantu lagi.

Baca Juga: 3 Tips Jitu agar Tidak Mudah Pikun

Kalau anak selesai mengerjakan tugasnya menyiram bunga di halaman, sudah kita tinggal lanjut melakukan yang lain. Tak perlu menyiram kembali bunga yang sudah disiram oleh anak.

5. Beri Apresiasi

Tak ada salahnya memberi apresiasi atau pujian untuk anak. Sebelum mengoreksi kesalahan atau memperbaiki kesalahannya, apresiasi usahanya. Arahkan ia untuk menjadi anak yang bertanggung jawab dan mandiri ke depannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk mendidik anak agar terbiasa membantu pekerjaan rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga