5 Cara Jitu Menjadi Lebih Pintar, Wajib Kamu Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Jitu Menjadi Lebih Pintar, Wajib Kamu Coba
Pintar merupakan perilaku yang dipelajari. Dan perilaku yang dapat diadopsi dari waktu ke waktu dari proses belajar. Foto: Repro google.com

" Salah satu keinginan setiap orang adalah menjadi orang pintar. Untuk mewujudkan keinginan ini, tidak terjadi begitu saja, tapi juga perlu melakukan cara-cara tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keinginan setiap orang adalah menjadi orang pintar. Untuk mewujudkan keinginan ini, tidak terjadi begitu saja, tapi juga perlu melakukan cara-cara tertentu.

Dikutip dari gurunesia.com, pintar merupakan perilaku yang dipelajari. Dan perilaku yang dapat diadopsi dari waktu ke waktu dari proses belajar.

Orang pintar disiplin dan teratur. Sementara cerdas adalah kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, informasi dan keterampilan.

Untuk mewujudkan keinginan ini, tidak terjadi begitu saja, tapi juga perlu melakukan cara-cara tertentu.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Makanan di Tangan

Melansir aolodokter.com, berikut beberapa cara untuk bisa menjadi pintar yang bisa kita lakukan:

1. Coba hal-hal baru

Coba eksplorasi hal-hal lain yang belum pernah kamu lakukan. Selain menambah skill, mencoba hal baru juga dapat membuatmu lebih pintar. Misalnya, belajar memainkan alat musik dapat membantu meningkatkan fungsi otak sekaligus melindungi sel saraf dari kerusakan.

Contoh lainnya adalah rutin membaca buku. Kegiatan ini dapat merangsang otak agar bisa meningkatkan fokus, daya ingat, serta menambah wawasan. Selain itu, kamu juga bisa bermain game yang dapat mengasah otak, seperti teka-teki silang atau susun kata.

2. Teruslah belajar

Jangan berpuas diri dengan ilmu pengetahuan yang kamu miliki, ya. Masih banyak  hal baru di luar sana yang bisa kamu pelajari dan membuatmu menjadi lebih pintar.

Selain melanjutkan pendidikan formal, kamu bisa mendapatkan ilmu baru dari mendengarkan podcast, menghadiri workshop, membaca buku, atau membaca informasi dari akun-akun media sosial.

3. Bersosialisasi

Biar makin pintar, kamu juga perlu bersosialisasi. Bertemu dan bertukar pikiran dengan teman atau orang baru dapat menambah wawasan, membangun jaringan (networking), sekaligus meredakan stres.

Kamu bisa mulai bersosialisasi dengan cara bergabung dengan klub olahraga atau menjadi sukarelawan.

4. Lakukan meditasi

Cara menjadi pintar berikutnya adalah dengan rutin bermeditasi. Meditasi terbukti memiliki efek yang baik bagi fungsi otak, seperti meningkatkan fokus dan daya ingat, serta membantumu untuk lebih mudah memahami sesuatu.

Selain itu, meditasi juga dapat menurunkan kadar homon stres, sehingga tubuh dan pikiranmu bisa lebih relaks. Meditasi dapat dilakukan selama 10-20 menit di pagi hari sebelum beraktivitas, di sela-sela waktu istirahat siang, malam hari sebelum tidur, atau setelah berolahraga.

Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Rambut Pria di 2023, Patut Dicoba

5. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental saja, tetapi juga tingkat kepintaran. Penelitian membuktikan bahwa orang yang menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga mengalami peningkatan aktivitas hippocampus, yaitu bagian otak berperan dalam mengingat dan memahami sesuatu.

Selain rutin berolahraga, pola hidup sehat lain yang harus kamu terapkan sebagai cara menjadi pintar adalah mengonsumsi makanan yang bisa mendukung fungsi otak, seperti asam lemak omega, vitamin K, dan senyawa flavonoid.

Di samping itu, jangan lupa cukupi waktu tidurmu, ya. Tidur yang cukup dapat meningkatkan fungsi otak dalam mempelajari informasi dan meningkatkan produktivitas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi pintar yang bisa Telisiker lakukan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga