adplus-dvertising

5 Cara Memilih Tontonan YouTube yang Aman Bagi Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
0 dilihat
5 Cara Memilih Tontonan YouTube yang Aman Bagi Anak
Orang tua penting untuk bisa setting komputer, laptop dan gadget apapun yang digunakan anak agar tontonan mereka di YouTube tersaring dengan baik. Foto: Repro Shutterstock.com

" Tanyangan video di YouTube tidak hanya ditonton oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun untuk si kecil, orang tua haris bisa memantau apa saja yang ditonton anak di YouTube "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanyangan video di YouTube tidak hanya ditonton oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun untuk si kecil, orang tua haris bisa memantau apa saja yang ditonton anak di YouTube.

Dikutip dari dream.co.id, tontonan di YouTube memang bisa membuat anak duduk tenang. Tapi konten di YouTube ada yang tidak sesuai dengan anak-anak. Bisa berupa kekerasan, SARA atau seksual.

Untuk itu, penting untuk setting komputer, laptop dan gadget apapun yang digunakan anak agar tontonan mereka di YouTube tersaring dengan baik.

Melansir yoursay.id, berikut lima cara yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mengatur tontonan YouTube sang buah hati:

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Meningkatkan Kreativitas dalam Hidup, Bisa Dicoba

 1. Gunakan YouTube Kids

Cara pertama yang paling aman adalah menggunakan YouTube Kids di dalam gadget yang biasa digunakan anak untuk menonton YouTube.

YouTube Kids sendiri hanya memiliki konten-konten yang layak ditonton anak sehingga orang tua tidak perlu khawatir atau was-was jika anaknya mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

 2. Gunakan akun Gmail keluarga

Penting untuk sebuah keluarga memiliki akun gmail bersama yang dapat diakses untuk seluruh anggota di dalam rumah. 

Gunakan juga akun tersebut untuk mendaftar di YouTube anak orang tua bisa mengatur tontonan dan mengetahui video apa saja yang telah anak akses.

 3. Aktifkan fitur Safety Mode

Di YouTube sendiri terdapat fitur Safety Mode. Dengan fitur ini, maka konten-konten yang muncul di YouTube akan secara otomatis menjadi konten yang layak ditonton anak-anak.

 4. Buat playlist khusus

Video yang tampil di YouTube seringkali acak dan tidak dapat diperkirakan apakah akan aman untuk dikonsumsi anak atau tidak. 

Jadi orang tua bisa mengakalinya dengan membuat playlist dan memasukkan channel-channel pilihan yang tepat untuk ditonton anak.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Sehat saat Begadang Nonton Piala Dunia

 5. Gunakan alternatif lain

Terakhir, jika orang tua masih takut anak akan menonton video yang tidak sesuai dengan usianya dari YouTube, maka orang tua bisa menggunakan alternatif penayangan video lain yang ramah anak.

Hal yang terpenting adalah, orang tua tetap memantau dan mendampingi anak dalam menonton YouTube.

Selain itu, orang tua juga memperbanyak mengajak anak untuk melakukan eksplorasi kreatifitasnya di dunia nyata.  

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mendampingi anak dalam menonton YouTube. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga