5 Cara Menjaga Kesehatan Kehidupan Seksual Bagi Kamu dan Pasangan

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 30 April 2022
0 dilihat
5 Cara Menjaga Kesehatan Kehidupan Seksual Bagi Kamu dan Pasangan
Kehidupan seksual merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi sebuah hubungan. Foto: Repro alodokter.com

" Apa yang kamu makan itu sangat berpengaruh pada kesehatan reproduksimu "

KENDARI, TELISIK.ID - Kehidupan seksual bagi pria maupun wanita tentu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi sebuah hubungan. Sebab hal itu bisa membantu meningkat sistem imun, meredakan stres serta menjaga suasana hati agar tetap stabil.

Mengutip dari kompas.com-providence medical, ketika kamu mengalami kehidupan seks yang aman dan memuaskan, memiliki kapasitas tepat untuk bereproduksi, serta punya kebebasan kapan untuk berhubungan seks, itu bisa dikatakan kesehatan seksualmu dalam kondisi yang baik.

Lantas bagaimana cara perempuan menjaga kesehatan seksual agar selalu dalam kondisi baik?

1. Rutin berolahraga

Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga sekaligus memiliki tubuh yang obesitas itu mengganggu produksi hormon. Contohnya adalah kelebihan lemak perut, yang dapat memicu perubahan kadar hormon.

Hal ini dapat mengakibatkan perubahan energi dan dorongan seksual dan menyebabkan masalah kesehatan reproduksi seperti infertilitas. 

Kelebihan atau kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan komplikasi dengan kehamilan. 

Untuk menghindari semua komplikasi ini maka beraktivitas fisiklah dengan intensitas sedang seperti menari, berjalan, berkebun, berlari, bersepeda, dan berenang, atau gerakan lain yang kamu sukai.

Baca Juga: Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Penyakit Tipes, Jangan Sepelekan

Diketahui, aktivitas fisik membantumu menghilangkan stres, sehingga metabolisme tubuh terjaga dan terkendali.

2. Pola makan

Apa yang kamu makan itu sangat berpengaruh pada kesehatan reproduksimu. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyantap makanan yang tinggi akan nutrisi.

Adapun rekomendasi nutrisi dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) untuk meningkatkan kesehatan reproduksi yakni:

* Asam lemak omega-3 dan omega-6

* Makanan dengan indeks glikemik rendah

* Diet rendah karbohidrat

* Makanan dengan protein nabati

* Makanan yang tinggi akan antioksidan

Baca Juga: Salad Buah Segudang Manfaat, Cocok untuk Menu Berbuka

3. Tidak merokok

Dilansir dari merdeka.com, rokok adalah penyebab utama kerusakan vena dan arteri, bahkan sampai pada bagian intim tubuh Anda. Hentikan rokok jika Anda ingin menjaga kesehatan seksual diri sendiri dan pasangan.

4. Seks sesuai usia

Pastikan Anda mengetahui panduan seks sesuai usia agar tetap bisa menikmati aktivitas bercinta bersama pasangan, bahkan ketika Anda dan pasangan sudah menopause sekalipun.

5. Terapi seks

Meminta bantuan orang lain, misalnya ahli terapi seks setempat, juga bisa Anda lakukan untuk menemukan hal yang sebenarnya Anda atau pasangan inginkan ketika bercinta. Tidak perlu malu jika harus berkonsultasi dengan orang asing, sebab ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan seksual Anda. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga