5 Cara Mudah Bersihkan Lensa Kacamata yang Tergores

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
5 Cara Mudah Bersihkan Lensa Kacamata yang Tergores
Membersihkan lensa kacamata banyak caranya, di antaranya dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Foto: Repro doktersehat.com

" Meski plastik relatif lebih aman karena digunakan dekat dengan mata, namun bahan ini lebih mudah tergores dan retak "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjaga kebersihan kacamata khususnya lensanya sangat penting, sebab kejernihan penglihatan ditentukan oleh kemulusan lensa.

Apabila lensa tergores atau kotor penglihatan akan terganggu. Sebaliknya, jika bersih dari berbagai noda, kita akan lebih jelas melihat.

Melansir kompas.com dari Healthline, ada beberapa sebab mengapa lensa kacamata mudah tergores.

Pertama, kebanyakan lensa kacamata tak terbuat dari kaca, namun terbuat dari plastik sintetis yang bisa berkurang kualitasnya dari waktu ke waktu.

Meski plastik relatif lebih aman karena digunakan dekat dengan mata, namun bahan ini lebih mudah tergores dan retak.

Kedua, kebiasaan kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi sumber lensa kacamata mudah tergores. Ketika lensa ditempeli debu dan Anda mengusapnya begitu saja secara sembarangan, maka lensa bisa berisiko tergores.

Ketiga, Anda bisa saja salah menggunakan piranti untuk membersihkan kacamata. Tisue dan beberapa jenis kain, memiliki permukaan kasar yang bisa menimbulkan goresan ke lensa kacamata.

Ketika goresan pada lensa menyebabkan pandangan terasa sangat kabur sehingga aktivitas harian tersendat, maka mau tak mau Anda harus mengganti lensa yang ada.

Namun jika goresan masih terbilang ringan, Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membersihkan kacamata yang tergores:

1. Pasta gigi

Pasta gigi dikenal mampu membantu membersihkan lensa kacamata yang tergores. Caranya cukup gunakan seujung jari pasta gigi lalu letakkan di atas permukaan lensa.

Baca Juga: 6 Tips Bersihkan Noda Kaca dengan Mudah

Oleskan secara perlahan menggunakan kapas dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini beberapa kali hingga goresan terlihat memudar dan lensa terlihat bersih kembali.

2. Baking soda

Cara selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Bahan yang satu ini cukup ampuh membersihkan lensa kacamata dari goresan.

Adapun caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya kental menyerupai pasta.

Kemudian oleskan pada permukaan lensa dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lap kacamata.

3. Pembersih furnitur

Tak hanya membersihkan furnitur rumah, cairan pembersih furnitur atau wood cleaner juga terbukti mampu membersihkan lensa kacamata yang tergores.

Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke permukaan lensa lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dengan lap yang kering dan bersih dan ulangi hingga goresan menghilang.

4. Cairan khusus

Anda juga dapat membuat cairan pembersih khusus sendiri dengan bahan yang mudah didapat. Bahan yang Anda butuhkan adalah alkohol 70 persen, air mineral, dan sabun cuci piring.

Caranya, campurkan 30 ml alkohol 70 persen dan 10 ml air mineral lalu tambahkan dua tetes sabun cuci piring. Setelah cairan jadi, Anda dapat langsung menyemprotkannya ke lensa kacamata dan lap dengan kain mikrofiber.

Baca Juga: 7 Cara Sehat Ini Bisa Naikkan Berat Badan

Cairan pembersih ini dapat menjernihkan kembali lensa kacamata yang buram yang tergores.

5. Cairan pembersih CD

Cairan pembersih CD juga dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada lensa kacamata. Tak hanya itu, cairan ini juga dapat mencegah permukaan kacamata tergores dan dapat membuat lensa kacamata yang tergores kembali mulus.

Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke permukaan lensa lalu diusap-usap dan keringkan dengan lap kacamata hingga kering dan bersih.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan lensa kacamata Anda. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga