5 Cara Mudah Mengusir Laba-Laba yang Hinggap di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 05 November 2022
0 dilihat
5 Cara Mudah Mengusir Laba-Laba yang Hinggap di Rumah
Sarang laba-laba yang hinggap di rumah bisa diatasi dengan cara tertentu. Foto: Repro theasianparent.com

" Sarang laba-laba seringkali menghinggapi rumah. Kehadiran sarang hewan satu ini cukup mengganggu penghuni rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Sarang laba-laba seringkali menghinggapi rumah. Kehadiran sarang hewan satu ini cukup mengganggu penghuni rumah.

Dikutip kompas.com dari The Cleaning Institute, sarang laba-laba perlu dibersihkan lantaran dapat membawa alergen yang ditularkan melalui udara (airborne). 

Hal tersebut juga dapat membawa masalah pernapasan di rumah dan bisa mengigit. Gigitan dari laba-laba ini tidak hanya menyakitkan, tapi menyebabkan rasa gatal dan kemerahan. 

Namun, membersihkan sarang laba-laba cukup sulit lantaran letaknya susah dijangkau. Olehnya itu, langkah terbaik adalah mencegah kehadiran sarang laba-laba demi menghindari kesulitan pada kemudian hari harus diketahui.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Mengatasi Sulit Fokus pada Pekerjaan

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa cara untuk mengusir laba-laba yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Pakai perangkap laba-laba

Perangkap laba-laba bisa berbentuk lem lengket yang bisa membunuh laba-laba. Dikutip berbagai sumber, perangkap laba-laba tersedia di sejumlah toko perlengkapan hewan.

Anda bisa memasang perangkap tersebut di area tempat laba-laba biasa melintas.

2. Bersihkan jaringnya

Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan jaring laba-laba. Lakukan metode ini setiap kali Anda menemukan jaring laba-laba di rumah.

3. Minyak esensial

Menggunakan minyak esensial, terutama minyak peppermint, ternyata ampuh mengusir laba-laba. Aroma kuat dari minyak ini ampuh membuat laba-laba merasa tidak nyaman.

Mengutip India Today, selain aroma peppermint, Anda juga bisa menggunakan aroma teh, lavender, mawar, dan kayu manis.

4. Cuka

Bau cuka jenis apa pun akan membuat laba-laba membencinya. Tambahkan cuka ke dalam setengah botol air dan semprotkan di sekitar rumah.

Jika Anda melihat laba-laba, semprotkan juga campuran cuka tersebut pada laba-laba. Anda juga bisa menambahkan mangkuk cuka di sudut-sudut gelap rumah untuk mengusir laba-laba.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Mudah Menghindari Sariawan

5. Bereskan rumah

Laba-laba tertarik pada ruang yang gelap dan berantakan. Menukil laman Farmers Almanac, cobalah mengatur area penyimpanan Anda dan rutin membersihkan debu.

Pastikan untuk melakukan daur ulang secara teratur, dan singkirkan tumpukan kotak kosong yang telah Anda simpan. Laba-laba suka membuat rumah di tumpukan kardus, kotak, kayu lapis, dan kayu bakar.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menghilangkan laba-laba di rumah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga