5 Cara Percepat Persalinan yang Perlu Diketahui, Tanpa Bantuan Medis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
5 Cara Percepat Persalinan yang Perlu Diketahui, Tanpa Bantuan Medis
Penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara agar proses persalinan berjalan lancar. Foto: hellosehat.com

" Proses persalinan seringkali memakan waktu yang lama. Hal itupun akan menguras banyak tenaga dan kesabaran. Maka perlu untuk mengetahui cara mempercepat proses persalinan ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Proses persalinan seringkali memakan waktu yang lama. Hal itupun akan menguras banyak tenaga dan kesabaran. Maka perlu untuk mengetahui cara mempercepat proses persalinan ini.

Dikutip dari halodoc.com, persalinan merupakan proses pengeluaran hasil konsepsi atau yang biasa kita sebut sebagai janin atau bayi dalam kandungan.

Prosesnya bisa jadi hal yang membahagiakan karena menjadi ujung dari penantian selama 9 bulan.

Namun proses persalinan juga bisa sekaligus menakutkan dan melelahkan karena prosesnya membutuhkan banyak kesabaran. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Hijab Anti Kusut

Olehnya itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara agar proses persalinan berjalan lancar.

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara agar ibu hamil dapat mempercepat proses kelahiran buah hati:

1. Pijat

Pijat dan akupresur bisa sangat bermanfaat dalam membantu mempercepat persalinan. Pijat umumnya dapat membantu ibu hamil merasa rileks dan mengurangi rasa sakit serta pegal-pegal di tubuh.

Teknik khusus dalam akupresur juga memungkinkan tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak oksitosin, sehingga meningkatkan kontraksi.

Namun, akupresur hanya dapat dilakukan oleh terapis atau doula berpengalaman. Sementara, untuk pijat di area telapak kaki, betis, punggung, dapat dilakukan pasangan atau keluarga yang menemani Anda selama proses persalinan.

2. Berdiri dan banyak jalan kaki

Gravitasi saat ibu hamil sedang berdiri dapat membantu meningkatkan tekanan pada leher rahim dan mendukung turunnya bayi ke dalam panggul.

Dilansir dari Verywell Health, wanita yang berdiri tegak dan jalan-jalan sambil menunggu proses pembukaan, dapat melahirkan lebih cepat dengan sedikit rasa sakit.

3. Bangkit dari kasur dan cobalah ubah posisi

Berbaring di tempat tidur selama proses persalinan mungkin membuat ibu hamil merasa kurang nyaman. Jika Anda merasa demikian, cobalah bangkit dari kasur dan mencoba posisi lain.

Ibu hamil dapat duduk di atas gym ball sambil menggoyangkan pinggulnya untuk mendorong agar bayi segera masuk ke pinggul.

4. Redakan stres

Selama proses persalinan, ibu hamil dapat mengalami stres karena rasa khawatir bayinya tak kunjung lahir, hingga akibat kesakitan selama kontraksi.

Jika dibiarkan, stres berisiko membuat proses persalinan semakin lama. Karena itu, ibu hamil sebaiknya mengatasi stres dengan beberapa cara, seperti jalan-jalan di area rumah sakit, misalnya di taman atau ruangan bayi, mandi air hangat dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Komedo di Hidung

5. Stimulasi payudara

Stimulasi payudara jelang persalinan bertujuan untuk memicu pelepasan hormon oksitosin ke dalam darah yang menyebabkan kontraksi.

Stimulasi payudara dapat dilakukan secara manual dengan jari Anda atau meminta bantuan pasangan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil agar mempercepat proses kelahiran buah hati. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga