5 Dampak Buruk Jika Kamu Malas Mandi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
5 Dampak Buruk Jika Kamu Malas Mandi
Mandi menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari. Foto: Repro google.com

" Salah satu aktivitas yang menjadi rutinitas yang dilakukan masyarakat pada umumnya adalah mandi. Dengan membasuh sekujur tubuh dengan air, itu bisa membuat badan lebih segar "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu aktivitas yang menjadi rutinitas yang dilakukan masyarakat pada umumnya adalah mandi. Dengan membasuh sekujur tubuh dengan air, itu bisa membuat badan lebih segar.

Dikutip dari lifebuoy.com, mandi disarankan untuk dilakukan setidaknya 2 kali sehari. Waktu yang paling ideal untuk mandi adalah pagi setelah bangun tidur dan sore hari usai beraktivitas. 

Pada umumnya, mandi merupakan aktivitas membasuh tubuh dengan cairan, biasanya menggunakan air, larutan encer, atau dengan merendam tubuh di dalam air.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika mandi menjadi aktivitas rutin setiap hari. Sebaliknya, ketika malas mandi maka seseorang akan mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Awas, 5 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Usus

Melansir yoursay.id dari channel YouTube dr. Clarin Hayes, berikut beberapa dampak negatif kalau seseorang malas mandi:

1. Bau Badan

Sudah bukan rahasia lagi. Dampak yang paling terlihat dan tercium oleh indera manusia jika jarang mandi adalah aroma tubuh.

Manusia merupakan makhluk hidup yang aktivitasnya tentu mengeluarkan keringat atau zat lain dari tubuh, akibat organ dalam yang beraktivitas juga. Campuran keringat, polusi udara, dan macam zat lain tentunya tidak akan hilang hanya dengan memakai parfum sebotol. 

2. Masalah Kulit

Yang perlu diingat, jerawat tidak hanya tumbuh di wajah saja. Tapi sangat memungkinkan untuk tumbuh di area-area tubuh yang lain. Misalkan area punggung, area sela-sela tubuh seperti dada, selangkangan, belakang telinga, dan lain sebagainya.

Jerawat mudah tumbuh di area tubuh yang berkeringat dan tertutup. Selain jerawat, jarang mandi juga akan menimbulkan masalah kulit lain seperti jamur, panu, kadas, kurap dan lain sebagainya. 

3. Mood Buruk

Jika mandi bisa menyegarkan tubuh dan memiliki efek untuk memperbaiki mood dan kualitas tidur. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Jika kamu jarang mandi, permasalahan tubuh seperti bau badan, lelah, gerah dan sebagainya bisa menjadi pemicu naiknya mood buruk yang berakibat terhambatnya aktivitas sehari-hari. 

4. Penyakit Kelamin

Area intim merupakan area tertutup yang paling rentan terhadap kuman. Memiliki fungsi sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh, tak ayal jika bagian ini tentu cenderung lembab dan menjadi area yang wajib dibersihkan.

Belum lagi area intim selalu menjadi bagian yang akan selalu ditutupi, keringat pun akan terjebak dan jika terlalu lama bisa menimbulkan bau tak sedap dan permasalahan kelamin yang lain.

Oleh karena itu, pentingnya mandi juga untuk penjagaan diri dari penyakit kelamin. 

Baca Juga: 7 Minuman Ini Bisa Bantu Mencegah Penuaan Dini

5. Permasalahan Kulit Kepala dan Rambut 

Tidak hanya masalah pada tubuh dan kelamin, jarang mandi juga akan berdampak pada bagian kepala yang cenderung terpapar area luar. Entah itu polusi, sinar matahari, hingga asap dan angin yang entah membawa apa dan terjebak di rambut kita.

Oleh karena itu, keramas secara rutin perlu dilakukan agar rambut tidak rusak, lepek, berketombe, korengan, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah beberapa dampak negatif ketika seseorang jarang atau malas mandi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga