5 Dampak Positif Bagi Organ Tubuh Saat Berpuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
5 Dampak Positif Bagi Organ Tubuh Saat Berpuasa
Salah satu manfaat puasa adalah karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Foto: rsbudimedika.com

" Saat seseorang berpuasa, baik sunnah maupun wajib pada bulan ramadan banyak manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya bagi organ tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat seseorang berpuasa, baik sunnah maupun wajib pada bulan ramadan banyak manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya bagi organ tubuh.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, sebagian orang mungkin menganggap puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi semata. Namun, siapa sangka, di balik puasa terseimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat puasa bagi kesehatan ada beragam, mulai dari menurunkan badan, menjaga kesehatan jantung, hingga memelihara kesehatan mental.

Salah satu manfaat puasa adalah karena puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Lebih jauh, puasa juga memiliki dampak positif bagi organ tubuh.

Baca Juga: Anda Penderita GERD? Hindari Makanan Ini Selama Ramadan

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak positif yang didapatkan bagi organ tubuh ketika berpuasa:

1. Lambung

Produksi asam lambung menurun ketika tidak ada makanan yang dicerna. Hal ini mencegah terkikisnya dinding lambung oleh asam karena tidak adanya makanan yang digiling. Sehingga kamu akan terjaga dari kenaikan asam lambung dan luka lambung atau ulkus gastric selama menjalankan puasa.

Namun yang harus kamu perhatikan adalah saat waktu berbuka nanti, usahakan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan agar tidak terjadi akumulasi gas yang menyebabkan perut kembung.

Selain itu, hindari pula asupan makanan yang terlalu asam, pedas, dan berminyak untuk mencegah kenaikan asam lambung, seperti yang dikutip dari laman Healthline.

2. Kelenjar Ludah

Selama berpuasa, tentu kita tidak mendapatkan asupan cairan sampai waktunya berbuka. Meski begitu, kelenjar ludah akan tetap memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup untuk mencegah terjadinya mulut kering, serta menghalau infeksi bakteri yang menimbulkan bau mulut dan gigi berlubang, seperti dikutip pada laman hellosehat.com.

3. Usus Kecil dan Usus Besar

Berdasarkan penelitian dari International journal of endocrinology and metabolism, kedua jenis usus ini juga akan memberikan hal yang baik saat Anda berpuasa. Pasalnya, usus kecil akan beristirahat sejenak sampai ada makanan yang masuk untuk melalui proses penyerapan zat gizi.

Sebaliknya, usus besar akan mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh untuk meminimalisir terjadinya dehidrasi, karena pada dasarnya usus besar berperan penting dalam menyerap air dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi sehari-hari.

4. Pankreas dan Liver

Melansir dari jurnal Nutrients, pada kondisi normal, pankreas akan menghasilkan hormon insulin untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi yang digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Jika jumlah cadangan energi berlebih maka secara otomatis akan disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot.

Nah ketika Anda berpuasa, produksi insulin akan berhenti karena tidak ada asupan makanan yang masuk, sehingga liver akan menggunakan glikogen tersebut menjadi cadangan energi yang dapat Anda gunakan untuk beraktivitas.

Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan energi saat berpuasa, karena tubuh pasti memiliki cadangan energi di hati dan otot.

Baca Juga: Simak 4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan

5. Kantong Empedu

Empedu merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memecah lemak dari makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh. Selama puasa, kantong empedu akan menampung cairan empedu dalam jumlah tertentu dan menjadikannya lebih peka.

Dikutip pada laman Halodoc, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan proses metabolisme lemak dari makanan pada saat berbuka nanti.

Nah, itulah beberapa dampak positif terhadap organ tubuh saat Anda berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga