5 Jenis Makanan Penghilang Bau Mulut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
5 Jenis Makanan Penghilang Bau Mulut
Bau mulut atau halitosis merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Foto: Repro Istockphoto

" Bau mulut seringkali dialami sebagain orang, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini cukup mengganggu, sehinga perlu untuk mengetahui cara menghilangkannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau mulut seringkali dialami sebagain orang, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini cukup mengganggu, sehinga perlu untuk mengetahui cara menghilangkannya.

Dikutip dari alodokter.com, bau mulut merupakan kondisi yang ditandai dengan aroma napas mulut yang tidak sedap. Kondisi ini juga dapat disertai dengan mulut kering, rasa tidak enak di mulut, dan warna putih di lidah.

Bau mulut atau halitosis merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja.

Karena cukup mengganggu, maka penting untuk mengetahui apa saja makanan yang bisa membantu menghilangkan bau mulut.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Buku agar Kertas Tidak Menguning

Melansir yoursay.id dari Hello Sehat, berikut beberapa daftar makanan penghilang bau mulut:

1. Permen karet

Sebuah studi dari Journal of Breath Research (2017) menyebutkan bahwa permen karet terbukti efektif dalam menghilangkan bau mulut. Anda bisa memilih permen karet dengan rasa apapun sesuai favorit Anda.

Wangi permen karet bisa meluruhkan bau jengkol yang baru saja Anda konsumsi.

Demikianlah daftar makanan penghilang bau mulut yang bisa Anda coba. Pada dasarnya bau mulut yang ditimbulkan sehabis mengonsumsi jengkol tidaklah berlangsung lama, namun tetap saja terkadang membuat orang yang memakannya menjadi tidak pede dan tidak nyaman ketika harus berbicara dengan orang lain.

2. Teh hijau

Dalam Dental Research Journal (2018) yang dikutip dari Hello Sehat menyebutkan, bahwa teh hijau memiliki efek antimikroba yang fungsinya kurang lebih sama seperti obat kumur sehingga bisa menyamarkan bau mulut sehabis makan jengkol atau petai.

3. Yoghurt

Makanan dengan rasa asam dan segar ini memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain baik untuk diet, yoghurt juga mengandung bakteri baik yang bisa melawan bakteri buruk dalam mulut yang bisa mengatasi masalah bau mulut.

4. Mentimun

Kandungan air yang banyak dalam mentimun bisa membantu produksi air liur yang bisa membilas sisa bau pada mulut sehabis mengonsumsi jengkol atau petai.

Baca Juga: 4 Posisi Seks Bikin Cepat Hamil

Jadikanlah timun sebagai lalapan ketika anda mengonsumsi jengkol. Selain mentimun, Anda juga bisa mengonsumsi seledri yang memiliki wangi khas yang bisa menyamarkan bau mulut Anda.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah yang mengandung banyak air, sehingga bisa membantu memproduksi air liur dan teksturnya yang keras bisa menjadi sikat gigi alami yang bisa membersihkan mulut sehabis makan jengkol sehingga bau mulut bisa segera teratasi.

Selain cara tersebut di atas, Anda juga bisa menyikat gigi anda segera setelah mengonsumsi jengkol maupun petai.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu untuk menghilang bau mulut. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga