5 Jenis Sayuran Tinggi Kadar Gula

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Mei 2024
0 dilihat
5 Jenis Sayuran Tinggi Kadar Gula
Sejumlah sayuran mengandung kadar gula yang tinggi. Foto: Repro fimale.com

" Hiperglikemia dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, yaitu hormon yang dilepas oleh pankreas "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah jenis sayuran ternyata diyakini mengandung kadar gula yang tinggi. Maka para penderita diabetes perlu untuk mengetahui apa saja jenis sayuran tersebut.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, kadar gula darah dikatakan terlalu tinggi apabila melebihi 200 mg/dL.

Sementara istilah medis untuk kadar gula darah terlalu tinggi adalah hiperglikemia. Hiperglikemia dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, yaitu hormon yang dilepas oleh pankreas.

Untuk menghindari kadar gula menjadi tinggi harus menghindari berbagai pantangan, salah satunya dengan mengurangi mengonsumsi jenis sayuran yang memiliki kadar gula tinggi.

Lantas, apa saja jenis sayuran yang mengandung kadar gula tinggi?

Melansir bisnis.com, berikut beberapa sayuran tinggi kadar gula yang perlu diketahui:

1. Jagung

Jenis sayuran pertama yang mengandung kadar gula tinggi adalah Jagung. Diketahui, jagung merupakan salah satu sayuran dengan kandungan gula tertinggi dengan 29 gram per cangkir (dengan 4 gram serat).

Baca Juga: 3 Obat Alami Bantu Atasi Gusi Bengkak

Selain itu, jagung juga cenderung berkontribusi terhadap lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

2. Bit

Jenis sayuran kedua yang mengandung kadar gula tinggi adalah bit. Selain kaya akan nutrisi, sayuran ini juga diyakini memiliki rasa yang manis.

3. Butternut Squash

Jenis sayuran ketiga yang mengandung kadar gula tinggi adalah labu butternut. Sayuran yang juga disebut butternut squash ini, jika dimasak mengandung hampir 22 gram karbohidrat, tetapi hampir 7 gram serat, yang membuatnya lebih tinggi gula dibandingkan banyak pilihan sayuran lainnya.

4. Kacang Hijau

Sayuran keempat yang mengandung kadar gula tinggi adalah kacang hijau. Jenis kacang ini secara luas dianggap sebagai sayuran bertepung tinggi dengan 21 gram karbohidrat (7 di antaranya adalah serat).

Baca Juga: 9 Obat Alami Atasi Sakit Gigi

Kacang hijau ini mengandung protein, namun ketika harus memilih sayuran rendah pati untuk diet pasca operasi, jenis kacang ini bukanlah pilihan terbaik.

5. Wortel

Sayuran keempat yang mengandung kadar gula tinggi adalah wortel. Wortel merupakan sayuran yang sangat populer, tetapi kandungan gulanya lebih tinggi (sekitar 12 gram gula dengan 3 di antaranya adalah serat) dibandingkan banyak sayuran lainnya.

Dengan demikian, apabila ingin mencari sayuran untuk dipadukan dengan hummus, Anda memiliki banyak sayuran yang lebih rendah gula.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang mengandung kadar gula tinggi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga