5 Kandungan Jeruk Nipis Membantu Menyehatkan Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 20 April 2024
0 dilihat
5 Kandungan Jeruk Nipis Membantu Menyehatkan Tubuh
TTerdapat sejumlah manfaat minum air jeruk nipis bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro iStockphoto/mediaphotos

" Salah satu jenis buah yang seringkali digunakan untuk menambah citra masakan adalah jeruk nipis. Buah ini memiliki banyak kandungan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis buah yang seringkali digunakan untuk menambah citra masakan adalah jeruk nipis. Buah ini memiliki banyak kandungan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, jeruk nipis, atau dalam bahasa latinnya Citrus aurantifolia, telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat.

Biasanya, jeruk nipis digunakan sebagai bahan pelezat makanan, terutama pada makanan berkuah seperti soto, sop, mie, atau disantap bersama sambel karena dapat menambah cita rasa seperti asam dan kesegaran.

Melansir klikdokter.com, berikut beberapan kandungan manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga: Simak Bahaya Anak Terlalu Sering Terpapar Asap Rokok

1.Vitamin B Kompleks

Jeruk nipis bukan hanya mengandung vitamin A dan C, tetapi juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, dan folat. Vitamin B kompleks tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan sistem tubuh lainnya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam jeruk nipis menjadi penting untuk kesehatan saraf karena membantu menjaga fungsi saraf yang optimal. Asam pantotenat, piridoksin, dan folat berperan dalam proses metabolisme yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2.Asam Sitrat

Jeruk nipis memiliki rasa asam yang khas, yang disebabkan oleh kandungan asam sitrat di dalamnya. Asam sitrat, selain memberikan rasa segar pada jeruk nipis, juga berperan sebagai pengawet alami. Selain itu, asam sitrat juga telah terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan dan bahkan mencegah pembentukan batu ginjal.

3.Mineral

Jeruk nipis kaya akan berbagai mineral penting seperti zat besi, potasium, dan kalsium. Mineral-mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan dan optimalitas fungsinya.

4.Vitamin A dan Antioksidan

Jeruk nipis kaya akan vitamin A dan antioksidan lainnya seperti alpha, ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin, dan lutein. Kehadiran vitamin A dan antioksidan ini sangat penting dalam menjaga kesehatan membran mukosa kulit dan kesehatan mata.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Memicu Radang Tenggorokan

5.Zat Fitokimia

Jeruk nipis, seperti buah jeruk pada umumnya, mengandung berbagai fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk menetralisir radikal bebas, meredakan peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah beberapa kandungan manfaat pada jeruk nipis yang baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja,meski jeruk nipis kaya akan berbagai manfaat, namun Anda tetap harus tetap membatasi konsumsinya. Apalagi jika Anda adalah penderita mag.

Hal ini diimbau karena konsumsi jeruk nipis dalam bentuk jus atau perasaan di saat kondisi perut sedang kosong dapat merangsang produksi asam lambung berlebih. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga