5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Otak Lemot, Termasuk Terlalu Lama Sendiri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Oktober 2022
0 dilihat
5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Otak Lemot, Termasuk Terlalu Lama Sendiri
Menjaga otak agar tetap sehat harus dijaga agar tidak mudah dan cepat lemot. Foto: Repro alodokter.com

" Otak menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting karena merupakan pusat computer dari semua alat tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Otak menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting karena merupakan pusat computer dari semua alat tubuh. Sehingga menjaga agar tetap sehat hal yang wajib dilakukan.

Pada umumnya, dikutip dari sehatq.com, seiring bertambahnya usia, otak seringkali kurang bisa diajak bekerjasama untuk berpikir atau lemot.

Dalam dunia medis, otak lemot lebih dikenal dengan istilah bradyphrenia. Bradyphrenia adalah kondisi gangguan pada otak yang membuat fungsi berpikir seseorang menjadi lambat.

Baca Juga: Suka Nonton Film Horor? Ini Dampaknya Bagi Tubuh Anda

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang sering dilakukan tapi justru bisa membuat otak lemot:

1. Terlalu lama sendiri

Manusia adalah makhluk sosial. Wajar jika terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri tanpa berinteraksi dengan orang akan membuat otak lemot.

Melansir WebMd, hal ini tidak berkaitan dengan seberapa banyak teman Anda. Tapi lebih kepada bagaimana Anda bisa tetap terkoneksi dengan teman. Walau Anda hanya memiliki dua orang teman dekat misalnya.

2. Volume earphone terlalu tinggi

Mendengarkan musik menggunakan earphone memang menyenangkan. Tapi ingat, jangan pernah menyalakan earphone dalam volume maksimal atau tinggi.

Suara earphone yang terlalu nyaring bisa merusak pendengaran secara permanen hanya dalam 30 menit. Tapi bukan hanya telinga Anda otak juga bisa kena masalah. Jadi kecilkan, tidak lebih keras dari 60 persen volume maksimum perangkat.

3. Mageran

Mager atau malas gerak bisa menyebabkan otak lemot. Anda juga lebih mungkin terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Semua penyakit ini juga berkaitan dengan Alzheimer.

Anda tidak harus mulai berlari maraton. Cukup setengah jam di taman atau jalan cepat di sekitar lingkungan. Hal yang penting lakukan minimal 3 hari dalam seminggu.

4. Kurang tidur

Jam tidur orang dewasa mestinya ada di waktu sekitar tujuh hingga delapan jam. Sayangnya, banyak orang dewasa yang malah tidur kurang dari empat jam.

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Kaktus di Dalam Rumah Bagi Kesehatan

Padahal penelitian dalam Sleep edisi Desember 2018, dilansir dari Harvard Health Publishing, menemukan bahwa keterampilan kognitif seperti memori, penalaran, dan pemecahan masalah akan turun jika kurang tidur.

5. Terlalu banyak duduk

Sebuah studi 2018 di PLOS One menemukan bahwa terlalu banyak duduk terkait dengan perubahan di bagian otak yang penting untuk memori.

Para peneliti menggunakan pemindaian MRI untuk melihat lobus temporal medial (MTL), wilayah otak yang membuat ingatan baru, pada orang berusia 45 hingga 75 tahun.

Mereka yang duduk paling lama memiliki wilayah MTL lebih tipis. Menurut para peneliti, penipisan MTL dapat menjadi awal dari penurunan kognitif dan demensia. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga