adplus-dvertising

5 Kebiasaan Makan Minum Saat Ramadan yang Perlu Dihindari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
5 Kebiasaan Makan Minum Saat Ramadan yang Perlu Dihindari
Bulan suci Ramadan membuat pola hidup dan kebiasaan kita berubah, salah satunya kebiasaan makan. Foto: Repro Beautynesia.id

" Tak semua orang mengadaptasi perubahan kebiasaan makan ini menjadi pola makan yang sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan suci Ramadan mewajibkan setiap muslim berpuasa penuh selama 30 hari, hal tersebut otomatis membuat pola hidup dan kebiasaan makan kita berubah.

Sayangnya, tak semua orang mengadaptasi perubahan kebiasaan makan ini menjadi pola makan yang sehat. Hal tersebut malah akan berakibat pada masalah kesehatan.

Dilansir dari Beautynesia.id, berikut beberapa kebiasaan makan dan minum yang harus dihindari saat Ramadan.

1. Makan Berlebihan Saat Berbuka

Berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan. Pasalnya, di waktu ini, umat Muslim diperbolehkan membatalkan puasa sehingga bisa makan dan minum seperti biasa.

Namun, momen berbuka puasa ini sering kali membuat orang tergoda untuk memanjakan diri dengan mengonsumsi berbagai hidangan yang disajikan. Alhasil, makanan yang dikonsumsi pun terlalu banyak.

Kondisi ini akan membuat perut terasa penuh. Bahkan, bisa menyebabkan kamu terkena radang perut, gejala diare, nyeri perut akut, hingga muntah-muntah. Agar terhindar dari kebiasaan makan berlebih saat berbuka puasa ini, sebaiknya makan secukupnya saja.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Cepat Pulihkan Energi Setelah Puasa

Jika takut tergoda dengan aneka hidangan berbuka puasa, hindari menyiapkan terlalu banyak hidangan berbeda saat menu buka puasa. Jika godaan tidak ada, otomatis kamu pun lebih mudah untuk makan secukupnya.

2. Makan Makanan Berminyak

Di Indonesia, makanan berminyak seperti gorengan adalah hidangan yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukai makanan ini.

Namun, di balik rasanya yang gurih dan lezat ini, gorengan mengandung lemak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan dalam keadaan perut kosong.

Ketika kamu mengonsumsi gorengan sebagai makanan pertama berbuka puasa, organ pencernaan akan kesulitan mencerna gorengan ini sehingga perut pun menjadi tidak nyaman.

3. Minum Minuman Berkafein

Kamu terbiasa minum minuman berkafein seperti kopi saat sahur? Jika ya, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini saat Ramadan. Hal ini dikarenakan kafein cenderung membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil sehingga tubuh pun akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

4. Banyak Minum Air Putih Saat Sahur

Haus adalah tantangan terbesar di kala berpuasa. Untuk menghindarinya, sebagian orang memperbanyak jumlah air yang diminum saat sahur. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sayangnya, cara ini akan membuat perut kamu mual dan lebih sering buang air kecil di pagi hari sehingga kamu tetap merasa kehausan selama puasa. Nah, daripada banyak-banyak minum air putih saat sahur, lebih baik memperbanyak minum air putih saat berbuka puasa.

Mulailah dengan minum dua gelas air, lalu diikuti dengan beberapa gelas air sebelum tidur dan saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan tubuhmu akan cairan tetap terpenuhi.

5. Makan Terlalu Cepat

Ketika kesiangan sahur, apakah kamu jadi makan cepat-cepat karena takut keburu imsak? Kalau iya, sebaiknya kebiasaan makan yang satu ini kamu hindari, ya. Sebab, kebiasaan makan terlalu cepat ini sebenarnya dapat membuat kamu mengonsumsi makan melebihi batas yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menambah berat badan.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Selama Berpuasa

Agar lebih sehat bugar, alangkah lebih baik jika Anda melakukan beberapa tips sehat saat puasa di bulan Ramadan, seperti dikutip dari Radartegal.com berikut ini:

1. Jangan lewatkan makan sahur.

2. Makan kurma saat berbuka.

3. Minum air 8 gelas per hari

4. Perbanyak makan buah dan sayur.

5. Jaga pola tidur.

6. Tidur siang.

7. Olahraga. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga