5 Kontainer Dipermak Jadi Rumah Sakit Darurat

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 12 Juli 2021
0 dilihat
5 Kontainer Dipermak Jadi Rumah Sakit Darurat
Gubernur Khofifah cek kontainer untuk RS darurat. Foto: Ist.

" Sebanyak 5 kontainer dipermak dan dialihfungsikan untuk rumah sakit darurat penanganan COVID-19. 5 kontainer tersebut diletakkan di halaman RSUD Dr. Soetomo Surabaya. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 5 kontainer dipermak dan dialihfungsikan untuk rumah sakit darurat penanganan COVID-19. 5 kontainer tersebut diletakkan di halaman RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

"Modelnya disekat menjadi 5 bagian dan bisa menampung 25 orang. Masing-masing 1 kamar tersedia 5 bed termasuk Hepa Filter untuk bisa memberikan layanan bagi 5 pasien," jelas Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Senin (12/7/2021).

Mantan Mensos ini mengatakan, kontainer yang disulap menjadi triage  UGD bagi pasien COVID-19 dalam gejala sedang. Kondisinya pun saat ini dinilai sudah siap memberikan pelayanan kesehatan.

"Bahkan, pasien yang sebelumnya berada di selasar, sudah mulai bergerak menuju kontainer yang disulap menjadi triage UGD," imbuhnya.

Baca juga: Viral: Nakes Salat Pakai APD Lengkap di Tanah, Warganet Berurai Air Mata

Baca juga: 14 Tahun, Warga Trans Wandiri Akhirnya Baru Nikmati Aspal

Tidak hanya itu, RSUD Dr Soetomo juga sedang menyiapkan area parkir yang sudah disiapkan sejak 2 minggu lalu.

"Insya Allah, besok tanggal 14 Juli ini sudah bisa dimulai. Sebagian di antaranya untuk memberikan layanan IGD dan sebagian untuk ruang isolasi dengan kapasitas 150 tempat tidur," kata Ketum Muslimat NU ini.

Khofifah mengatakan, area parkir yang disulap menjadi ruang isolasi bagi pasien COVID-19 terbagi 6 level, yakni, 3A dan 3B, lalu 4A dan 4B, serta 5A dan 5B. Area parkir ini akan dimaksimalkan untuk memberikan layanan kepada pasien COVID-19.

"Jadi, kita menambahkan ruang isolasi  seperti ini karena yang datang  ke RS Dr. Soetomo bukan hanya warga Surabaya melainkan pasien rujukan dari luar kota. Harus tetap ada layanan yang memberikan pengharapan layanan  bagi seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif  COVID-19," tegasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga