adplus-dvertising

5 Kuliner Tradisional Ini Ternyata Kegemaran Presiden Soekarno

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Kamis, 11 November 2021
2268 dilihat
5 Kuliner Tradisional Ini Ternyata Kegemaran Presiden Soekarno
Ir. Soekarno. Foto: Repro gramedia.com

" Soekarno bersama Moh. Hatta adalah orang yang memproklamasikan kemerdekaan tepat pada 17 Agustus 1945, sehingga Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan proklamasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Ir. Soekarno adalah presiden RI yang pertama (1945 - 1967). Soekarno bersama Moh. Hatta adalah orang yang memproklamasikan kemerdekaan tepat pada 17 Agustus 1945, sehingga Soekarno ditetapkan sebagai pahlawan proklamasi.

Sebagai Presiden Indonesia pertama, Soekarno punya banyak fakta menarik. Dikutip dari okezone.com, selain suka berdialog, Soekarno dikabarkan suka menyantap kuliner tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, berikut 5 kuliner kegemaran Presiden Soekarno.


1. Tempe

Makanan sederhana ini memang terkenal sebagai salah satu makanan favorit Presiden Soekarno. Hal tersebut salah satunya diceritakan oleh istri Soekarno Fatmawati dalam buku yang berjudul Fatmawati Catatan Kecil Bersama Bung Karno.

Dalam buku tulisan istri Soekarno yang lain bernama Haryatie, selain tempe biasa, Presiden Soekarno juga menyukai tempe bacem. Hal tersebut tertera dalam buku Hariyatie, Soekarno The Hidden Story (2011).

2. Sayur Lodeh

Dalam buku di atas, Fatmawati menuliskan bahwa makanan kegemaran Presiden Soekarno yang lain adalah sayur lodeh.

3. Kue Pelite

Baca Juga: Nugget Tempe Camilan Sehat, Ini Resepnya

Baca Juga: Coto Abah Kendari, Coto Makassar yang Bikin Ketagihan

Saat diasingkan di pulau pada tahun 1938-1942 tepatnya di Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Presiden Soekarno suka menyantap kue pelite.

Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula putih. Adonan tersebut kemudian dikukus dalam wadah yang dibentuk dari daun pandan.

4. Sayur Asem dan Sambal Terasi

Seperti halnya kebiasaan orang Indonesia pada umumnya, makanan akan terasa hambar jika tak ada citarasa pedasnya. Soekarno juga menyukai hidangan sambal.

Dilansir dari kompes.com, salah satu makanan kegemaran Presiden Soekarno adalah sayur asem lengkap dengan sambal terakota.

5. Pais Ikan

Selain kue pelite, Soekarno juga menykai hidangan khas Bengkulu lainnya yakni pais ikan. Pais ikan merupakan olahan yang sekilas mirip pepes khas Sunda.

Namun, pais ikan yang satu ini menggunakan ikan gebu dan ikan buli sebagai bahan dasarnya.

Selain itu, Presiden Soekarno juga menyukai beberapa makanan khas nusantara yang sederhana seperti nasi jagung, rawon, mi goreng, dan ayam goreng mentega. (C)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga