5 Makanan Ini Bisa Cegah Kehamilan Secara Alami

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
5 Makanan Ini Bisa Cegah Kehamilan Secara Alami
Ilustrasi mengatur jarak kehamilan. Foto: Repro indiatimes.com

" Selain itu ada beberapa cara untuk mencegah kehamilan, yaitu dengan makanan. Semoga ini dapat membantu pembaca yang budiman dari kehamilan di luar perencanaan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasangan suami-istri (Pasutri) ada yang ingin mencegah kehamilan karena beberapa alasan.

Mendapatkan buah hati bagi Pasutri adalah hal yang dinantikan. Pasalnya, buah hati bisa menjadi penyempurna kebahagiaan di tengah-tengah keluarga.

Namun bagi beberapa Pasutri juga karena beberapa pertimbangan, misalnya kesehatan, ekonomi, atau hal lainnya, memutuskan untuk mencegah atau menunda kehamilan. Bahkan ada beberapa Pasutri yang sengaja membuat jarak (tahun) yang antara setiap anaknya, misalnya tiga tahun sekali.

Ada pendapat bahwa jarak setiap anak idealnya adalah dua tahun atau tiga tahun. Hal ini dikarenakan masa menyapih anak disebutkan selama dua tahun.

Ada beberapa cara umum yang biasa dilakukan untuk mencegah kehamilan. Antara lain menggunakan alat kontrasepsi, tidak berhubungan intim di masa subur, dan tidak melakukan ejakulasi di dalam rahim.

Selain itu ada beberapa cara untuk mencegah kehamilan, yaitu dengan makanan. Semoga ini dapat membantu pembaca yang budiman dari kehamilan di luar perencanaan.

Baca juga: Ini 7 Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Begadang Nonton Bola Malam Hari

1. Nanas

Buah nanas dipercaya sebagai agen implantasi, abortifasien, dan sifat embriotoksik. Buah ini ampuh mencegah kehamilan bahkan setelah telat datang bulan.

Cegah kehamilan dengan buah nanas yaitu dengan mengonsumsi nanas muda. Nanas muda ini bisa dikonsumsi selama 2-3 hari setelah berhubungan seks bersama istri.

2. Pepaya

Pepaya juga bisa menurunkan peluang hamil setelah hubungan intim suami-istri. Buah ini mengandung enzim papain yang dipercaya dapat menekan progesteron.

Enzim papain yang dikandung pepaya dipercaya dapat menekan progesteron sehingga dapat menurunkan peluang kehamilan setelah berhubungan intim.

Konsumsi dua kali buah pepaya selama tiga hari. Manfaat buah ini mencegah kehamilan lebih efektif jika dikonsumsi oleh istri.

3. Kayu Manis

Kayu manis ditengarai mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan hormon estrogen. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan hormon kehamilan menurun.

Selain itu juga rempah ini mampu merangsang kontraksi pada rahim dan memperlancar menstruasi. Untuk mendapatkan khasiatnya perlu dikonsumsi secara telaten dan teratur.

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Anak Susah Makan

4. Ubi Liar

Tanaman ini tumbuh secara liar dan banyak dijumpai di hutan. Karena sifatnya ia dinamai ubi liar atau ubi hutan.

Tanaman ini dijadikan sebagai progesteron sintetik seperti yang terdapat dalam pil KB. Tanaman satu ini mengandung sifat antispasmodic.

Tanaman ini dapat meringankan kram menstruasi, kejang, nyeri rahim, serta nyeri ovarium. Banyak mengonsumsi ubi jalar sebanyak mungkin untuk mencegah terjadinya ovulasi.

5. Jahe

Jahe bisa juga digunakan untuk mencegah kehamilan. Ini karena kandungan gingerol yang memiliki efek antioksidan dan juga mampu menginduksi tubuh wanita sehingga terjadi menstruasi.

Bagian jahe yang paling disarankan adalah akarnya. Parut lalu tambahkan ke air mendidih.

Setelah didinginkan, saring rebusan itu, dan rebusan siap diminum. Baik diminum setelah bercinta. Dengan rutin meminum air rebusan jahe bisa membantu mencegah kehamilan. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga