5 Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Mi Instan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
5 Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Mi Instan
Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan mi instan. Foto: Repro liputan6.com

" Ternyata terdapat beberapa makanan yang juga tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan mi instan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mi instan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun ada jenis makanan tertentu yang ternyata tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan mi instan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, proses pembuatan mi instan dengan cara digoreng atau dikeringkan dengan udara panas sehingga mi tidak memiliki kadar air dan dapat berbentuk kering seperti yang kita lihat, agar tahan lebih lama.

Proses penggorengan seperti ini membuat kadar lemak cukup tinggi sehingga rentan menyebabkan obesitas/kelebihan berat badan, apalagi dikonsumsi bersama nasi.

Selain mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi, mi instan juga mengandung banyak garam. Kandungan garam mi instan rata-rata mengandung 50-60 persen kebutuhan garam tubuh per hari. Bumbu dari mi instan inilah yang berbahaya karena mengandung MSG dan garam yang tinggi.

Kendati demikian, mi instan pada umumnya aman dikonsumsi. Namun dengan kadar tertentu, alias tidak dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, ternyata terdapat beberapa makanan yang juga tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan mi instan.

Baca Juga: Beberapa Faktor Ini Disebut Bisa Persulit Memperoleh Keturunan

Melansir IDN Times, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan mi instan:

1. Telur setengah matang

Jenis makanan yang pertama yang sebaiknya tidak disantap bersama mi instan adalah telur setengah matang. Mengapa demikian? Ya, itu karena bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Pada telur setengah matang terdapat zat avidin yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan pembengkakan pada kulit.

Selain itu, bakteri salmonella juga biasa ditemukan pada telur setengah matang yang bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi berat. Begitu pula dengan kandungan ovomucoid yang ada pada telur setengah matang, dimana kandungan ini dapat memicu gangguan pernapasan.

2. Cabai rawit

Kemudian kedua yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat menyantap mi instan adalah cabai rawit. Memang kita kerap melihat orang menyantap mi instan dengan campuran cabai rawit, namun ternyata itu kurang baik.

Penggunaan cabai rawit yang berlebihan bisa mengambil alih rasa mi instan. Mi instan pun jadi tak nikmat lagi, karena didominasi oleh rasa pedas.

Kombinasi mi instan dan cabai rawit bisa mengganggu saluran pencernaan serta menyebabkan iritasi lambung. Masalah pencernaan yang seringkali muncul setelah mengonsumsi mi instan dan cabai rawit, yakni mulas atau diare.

3. Nasi

Selanjutnya adalah nasi. Ya, ternyata mengonsumsi nasi bersama mi instan ternyata kurang baik. Sebab, keduanya sama-sama mengandung karbohidrat dan tinggi kalori.

Selain kandungan karbohidrat berlebih, campuran mi instan dan nasi putih tidak mengandung protein dan serat. Kandungan garam dari bumbu-bumbu mi instan cukup tinggi.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan dan intensitasnya sering, maka berpotensi menyebabkan hipertensi dan obesitas.

4. Cokelat

Berikutnya yang tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan mi instan adalah coklat. Cokelat dalam hal ini bisa berupa cokelat batangan yang dikonsumsi setelah makan mi instan, maupun cokelat yang sudah diolah menjadi minuman dan dikonsumsi di sela-sela makan mi instan.

Baca Juga: Awas, 5 Bahaya Makan Mie Instan Keseringan Bagi Kesehatan

Mengonsumsi mi instan dan cokelat sekaligus, atau hampir bersamaan, bisa meningkatkan risiko obesitas. Penyebabnya karena banyaknya jumlah kalori yang dimiliki keduanya.

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan secara terus-menerus, maka mi instan dan cokelat bisa memicu penyakit hati, ginjal, jantung, serta pembuluh darah rusak.

5. Kerupuk

Terakhir adalah kerupuk. Ya, ternyata kerupuk juga kurang baik dikonsumsi bersamaan mi instan.

Mengonsumsi mi instan dan kerupuk secara berlebihan berisiko memicu gangguan metabolisme. Penyebabnya lantaran kedua jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat, lemak, dan kalori tinggi. Hal ini bisa memicu obesitas, gangguan jantung, dan gangguan pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikosumsi bersama mi instan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga