5 Makanan Penyebab Kembung, Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
5 Makanan Penyebab Kembung, Wajib Tahu
Perut kembung merupakan sensasi rasa tertekan atau kepenuhan di perut dan terkadang disertai dengan perut yang terlihat buncit. Foto: google.com

" Salah satu kondisi perut yang kurang mengenakkan adalah kembung. Hal ini harus diwaspadai, salah satunya dengan menjauhi makanan yang bisa memicu kembung "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi perut yang kurang mengenakkan adalah kembung. Hal ini harus diwaspadai, salah satunya dengan menjauhi makanan yang bisa memicu kembung.

Dikutip dari halodoc.com, perut kembung merupakan sensasi rasa tertekan atau kepenuhan di perut dan terkadang disertai dengan perut yang terlihat buncit.

Kondisi tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman hingga menyakitkan. Kembung bisa hilang dalam beberapa saat dan bisa saja terjadi secara berulang.

Baca Juga: Hindari Self Diagnosa dengan Fasilitas Kesehatan Online

Melansir kompas.com, berikut beberapa makanan penyebab kembung:

1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang mengandung fruktan, yaitu serat larut yang dapat menyebabkan kembung. Meski dalam jumlah kecil, bawang merah dan bawang putih bisa menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap bawang putih atau bawang merah, yang bisa meningkatkan kemungkinan kembung, sendawa, dan gas setelah mengkonsumsinya.

2. Kacang

Kacang adalah jenis makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, dan serat.

Kacang dapat menyebabkan kembung karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung oligosakarida, yakni jenis gula yang sulit diurai tubuh.

Untuk mengurangi kemungkinan kembung, sebaiknya rendam kacang sebelum Anda memasaknya.

3. Susu dan produk turunannya

Susu termasuk produk turunannya seperti keju, yogurt, atau mentega adalah sumber kalsium dan protein yang baik.

Namun bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa, makanan ini bisa memicu kembung karena tubuh mereka tidak bisa mencernanya dengan baik.

Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, Anda tetap bisa mengonsumsi susu. Namun, pilihlah susu berbahan dasar nabati seperti susu almon, kedelai, atau susu yang memang bebas laktosa.

Baca Juga: Kenali 3 Ciri Pria Mandul

4. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, termasuk soda, mengandung gas karbondioksida di dalamnya. Gas karbondioksida tersebut bisa masuk ke saluran pencernaan dan memicu kembung.

Konsumsi berlebihan minuman ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti diabetes dan obesitas.

Daripada Anda meminum soda, sebaiknya Anda menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab kembung. Dengan mengetahui informasi ini, Telisikers bisa lebih menjaga kesehatan diri, khususnya dari kembung. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga