5 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 26 Oktober 2020
0 dilihat
5 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui
Buah bengkoang yang baik untuk kulit. Foto: pixabay.com

" Untuk menjaga kecantikan ini, banyak produk-produk kecantikan bermunculan dengan berbagai kandungan. Salah satu kandungan yang cukup diandalkan adalah bengkoang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar masyarakat sangat memperhatikan penampilannya, maka kecantikan adalah hal yang cukup penting.

Untuk menjaga kecantikan ini, banyak produk-produk kecantikan bermunculan dengan berbagai kandungan. Salah satu kandungan yang cukup diandalkan adalah bengkoang.

Buah bengkoang ternyata tidak hanya untuk dimakan, buah ini mempunyai manfaat bagi kecantikan.

Berikut adalah manfaat bengkoang untuk kecantikan seperti yang dilansir dari astaga.com:

1. Mencerahkan kulit

Buah bengkoang memiliki kandungan sari pati yang dapat digunakan untuk kecantikan. Sari pati ini dipercaya dapat mencerahkan kulit dengan menghilangkan noda-noda gelap maupun noda-noda kusam pada wajah.

Sari pati bisa didapatkan dengan melakukan beberapa hal. Pertama, kupaslah bengkoang dan cuci hingga bersih. Kemudian parut dan peras bengkoang. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan sari pati endapan bengkoang tersebut. Setelah itu buang airnya dan anda sudah bisa menggunakannya untuk masker.

2. Mencegah penuaan dini

Bengkoang memiliki kandungan Vitamin C yang berguna bagi kesehatan. Namun tidak hanya itu, Vitamin C ternyata juga bermanfaat mencegah penuaan dini. Hal ini bisa didapatkan dengan menggunakan masker bengkoang pada malam hari. Lakukanlah secara teratur sehingga dapat melindungi kulit wajah dari radikal bebas.

Baca juga: Tips Cuci Ginjal Secara Alami

3. Merawat kulit

Bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan berpadu dalam air. Vitamin B dan C adalah di antaranya. Vitamin-vitamin ini mampu menjadikan kulit tampak lebih sehat dan segar. Manfaat ini bisa didapatkan dari penggunaan masker bengkoang pada malam hari atau pun dengan cara langsung mengonsumsinya atau bisa dibuat jus.

Jika anda ingin membuat jus bengkoang,  tambahkan gula dan madu secukupnya untuk memberikan rasa pada minuman itu. Sedangkan untuk masker, anda bisa memakainya untuk wajah.

4. Melembabkan kulit

Kandungan air dalam buah bengkoang dipercaya dapat melembabkan kulit, sekaligus sebagai anti inflamasi. Anda bisa menggunakan masker bengkoang secara teratur untuk menjaga kelembaban pada kulit.

5. Menghilangkan jerawat

Bengkoang dapat membantu mencegah bahkan menghilangkan jerawat pada wajah. Masker bengkoang merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa membuat masker bengkoang dengan cara mengupas bengkoang dan kemudian diparut. Anda bisa langsung menggunakannya atau bisa juga menunggu hingga mengering.

Sebelum menggunakan masker tersebut, pastikan wajah anda bersih dari kuman dan kotoran. Gunakan masker selama 15-30 menit kemudian bilas hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah masker ini secara teratur setiap hari atau minimal seminggu 2-3 kali.

Bengkoang bisa menjadi alternatif anda dalam merawat kecantikan kulit. Selain itu makan buah bengkoang secara teratur juga baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin B, Vitamin C, zat besi, lemak, protein dan fosfor pada bengkoang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Di antaranya mengatasi asam lambung, aman untuk penderita diabetes, memperkuat tulang dan gigi. (C) 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga