5 Manfaat Menarik Napas Dalam untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
5 Manfaat Menarik Napas Dalam untuk Kesehatan, Wajib Tahu
Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan sesering mungkin menarik nafas dalam. Foto: Repro tintahijau.com

" Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan menarik nafas dalam. Karenanya hal ini harus sering dilakukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan menarik nafas dalam. Karenanya hal ini harus sering dilakukan.

Dikutip detik.com, bernapas dengan teknik yang benar yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam, maka hal itu justru bisa membuat organ-organ dalam tubuh Anda untuk bekerja secara optimal.

Caranya hirup napas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut membesar kemudian tahan untuk awalnya bisa 30 detik, lalu udara dibuang melalui mulut sehingga perut mengempes lagi.

Paling bagus adalah jika menghirup, menahan napas dan membuang napas dilakukan dalam jeda waktu yang sama. Misalnya menghirup napas 30 detik, menahan napas 30 detik dan membuang napas 30 detik.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Ciri Air di Rumah Terkontaminasi

Jika kemampuannya sudah meningkat waktunya untuk latihan napas ini bisa terus bertambah sesuai kemampuan masing-masing.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa manfaat menarik nafas bagi kesehatan yang perlu diketahui:

1. Mengurangi stres

Penelitian membuktikan bahwa menyisihkan waktu sejenak untuk menyendiri dan menarik napas dalam ampuh membuat Anda lebih kalem dan rileks.

Sistem saraf otonom yang mengontrol tindakan tak sadar seperti detak jantung dan pernapasan terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem saraf simpatik yang mengontrol respons fight or flight, dan sistem saraf parasimpatis yang mengontrol respons istirahat dan relaksasi.

Ketika stres, sistem saraf simpatik akan bekerja lebih aktif dengan membuat napas dan detak jantung bekerja lebih cepat. Dengan menarik napas dalam-dalam, aliran udara yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

2. Bantu mengendalikan asma dan tekanan darah tinggi

Pada orang-orang yang memiliki asma, saluran napas yang menyempit dan meradang bisa membuat penderitanya sulit bernapas.

Selain menjalani pengobatan, pasien asma juga kerap disarankan untuk melatih pernapasan guna mengendalikan gejala. Bernapas dalam-dalam dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan pernapasan, hingga kualitas hidup.

Rutin melatih teknik pernapasan juga dapat memperlambat detak jantung serta menurunkan atau menstabilkan tekanan darah.

3. Mengurangi rasa sakit

Tidak hanya bermanfaat untuk organ pernapasan, menarik napas dalam juga dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Ketika Anda bernapas dalam-dalam, kadar nitrous oxide dalam darah akan meningkat. Nitrous oxide adalah senyawa yang kerap digunakan sebagai obat bius untuk beberapa prosedur medis tertentu.

Meningkatnya kadar senyawa nitrous oxide dalam tubuh nantinya akan mengurangi ketegangan dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit.

4. Bantu mengatasi masalah pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, menarik napas dalam mungkin akan membantu meringankan kondisi Anda.

Melakukan teknik pernapasan dalam akan memberikan sensasi pemijatan lembut yang terasa di sekitar usus dan perut. Menarik napas dalam juga dapat membantu aktivasi sistem parasimpatis sebagai respons relaksasi tubuh.

Teknik ini akan membantu mengatasi beberapa gejala pencernaan seperti diare dan sembelit.

Baca Juga: 3 Bahan Sehat Tambahan Minum Kopi, Wajib Coba

5. Bantu memperbaiki postur tubuh

Siapa sangka bahwa melakukan teknik pernapasan bisa memberikan pengaruh pada postur tubuh Anda.

Saat Anda menarik napas dalam dan menggunakan paru-paru dengan kapasitas penuh, Anda sekaligus memperkuat lekukan alami tulang belakang.

Pada saat itu, punggung atas, leher, dan bahu berada pada posisi yang optimal. Ketegangan di tubuh bagian atas pun berkurang. Hal ini akan membantu Anda membentuk postur yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat bagi kesehatan yang dapat kita peroleh jika sering tarik nafas dalam. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga