adplus-dvertising

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Rabu, 28 April 2021
691 dilihat
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Minyak zaitun. Foto: Repro Tokopedia.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan dikenal sebagai pohon yang diberkati.

Zaitun adalah salah satu pohon yang istimewa. Allah SWT berfirman dalam Quran Surat An-Nahl ayat 11 sebagai berikut, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW menyatakan bahwa zaitun adalah pohon yang diberkati. Karena itu Rasulullah SAW menggunakan minyak zaitun sebagai minyak oles dan juga dikonsumsi.


Rasulullah SAW pernah bersabda, “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah).

Dalam tinjauan medis, minyak zaitun dalam 100 mililiter minyak buah zaitun terkandung 844 kalori dan 100 gram lemak baik. Minyak zaitun memiliki konsentrat lemak yang berasal dari pemerasan buah zaitun.

Baca Juga: Jangan Buka Puasa Pakai Es Teh, Ini Alasannya

Dilansir dari Minews.com, ada lima manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan. Manfaat tersebut yaitu:

Pertama, yaitu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Hal ini mengacu pada diet Mediterania yang menggunakan minyak tersebut.

Khasiat itu karena minyak ini dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi faktor risiko terkuat penyakit jantung. Selain itu, minyak ini dapat menurunkan peradangan, meningkatkan lapisan pembuluh darah, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, dan membantu mencegah pembekuan darah berlebih.

Kedua, manfaat bagi fungsi otak. Minyak zaitun bisa membantu menghilangkan plak beta-amiloid dalam sel otak.

Penumpukan plak tersebut dalam orak, ditengarai bisa menyebabkan alzheimer. Sebagai informasi alzheimer, dilansir dari Janjisehat.com, adalah penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya, sehingga dapat mengakibatkan pikun, dimensia, dan lupa ingatan.

Ketiga, minyak zaitun bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2 karena dinilai bisa menjaga kadar gula darah. Studi juga menyebutkan bahwa risiko pengurangan diabetes tipe-2 hingga 48 persen bisa terealisasi dalam diet Mediterania.

Keempat, yakni manfaat dari suplemen minyak tersebut dinilai bisa mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan cacat dan nyeri pada persendian. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

Minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan genggaman tangan dan nyeri sendi. Untuk manfaat ini harus dikombinasikan dengan minyak ikan sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Risikonya Telat Berbuka Puasa

Kelima, minyak zaitun juga dipercaya bisa mengurangi risiko kanker. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi risiko kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai pendorong utama kanker.

Manfaat lain minyak zaitun seperti dilansir dari Tokopedia.com, dapat mengurangi risiko terkena kanker pankreas. Hal ini seperti jurnal penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health.

Penyebabnya adalah minyak zaitun dapat meningkatkan produksi peptida yang membuat seluruh organ pencernaan manusia lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik.

Saat masuk ke dalam usus, ia membantu usus menyerap lebih banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh seraya menyingkirkan kandungan makanan yang tidak terlalu bermanfaat. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga