5 Masalah Kesehatan Ini Rentan Terjadi Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
5 Masalah Kesehatan Ini Rentan Terjadi Saat Puasa
Saat berpuasa, ada beberapa masalah kesehatan yang rentan terjadi. Foto: Repro google.com

" Saat menjalani puasa di bulan suci Ramadan, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul dan menyerang tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam menjalani ibadah puasa, tidak selalu berjalan mulus, seringkali sebagian orang mengalami masalah kesehatan saat berpuasa.

Dikutip dari merdeka.com, saat menjalani puasa di bulan suci Ramadan, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul dan menyerang tubuh.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda menjaga asupan makan saat sahur dan berbuka, serta merawat tubuh dari luar dan dalam.

Saat berpuasa seperti saat ini, penting untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat guna menghindarkan tubuh dari terpaan berbagai penyakit.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat berpuasa?

Melansir yoursay.id dari Halodoc.com, berikut beberapa masalah kesehatan yang rentan terjadi saat puasa:

1. Sakit Kepala

Puasa dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini wajar terjadi karena dehidrasi, kelelahan, atau kurang tidur.

Baca Juga: Besok, Jadwal Puasa Asyura yang Punya Keutamaan Menghapus Dosa Kecil

Oleh karena itu, meskipun sedang berpuasa, kamu juga perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan cara minum banyak air putih selama waktu berbuka dan sahur. 

2. Bau Mulut

Bau mulut menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi saat puasa. Kondisi ini dapat terjadi karena kurangnya asupan cairan selama puasa, sehingga jumlah air liur pun berkurang dan mulut terasa kering.

Hal inilah yang mengakibatkan kotoran menumpuk di mulut dan menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, biasakan untuk rutin gosok gigi setelah sahur dan berbuka puasa.

3. Diare

Diare juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi saat puasa. Hal ini bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka.

Selain itu, kebersihan makanan yang kurang juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya diare. 

4. Asam Lambung

Asam lambung juga bisa terjadi saat puasa. Hal ini disebabkan karena perut yang kosong seharian dan langsung makan banyak saat berbuka.

Baca Juga: 5 Tips Tubuh Sehat Saat Puasa Ramadan

Untuk mengurangi risiko kambuhnya penyakit asam lambung, maka sebaiknya hindari berbagai makanan asam dan pedas saat sahur dan buka puasa.

Selain itu, sebaiknya makan sedikit demi sedikit saat berbuka. Tujuannya adalah agar perut beradaptasi terlebih dulu setelah seharian kosong. 

5. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi bisa berakibat tubuh menjadi lemas, kepala pusing, dan merasa kelelahan. Terlebih jika kamu memiliki aktivitas padat yang memicu tubuh kehilangan banyak cairan.

Oleh karena itu, selalu pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. 

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang kerap dialami sebagian orang saat menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga