5 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 17 Juli 2024
0 dilihat
5 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik
Lima negara dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN, Indonesia berada di posisi keempat. Foto: Repro pusat.jakarta.go.id

" Negara-negara di Asia Tenggara berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan sistem pendidikan mereka "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pendidikan menjadi kunci utama untuk meraih kemajuan dan kesuksesan suatu negara di era globalisasi ini. Hal tersebut membuat negara-negara di Asia Tenggara berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan sistem pendidikan mereka.

ASEAN merupakan perhimpunan negara Asia Tenggara yang memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Lalu negara manakah yang memiliki sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara? Melansir Kumparan.com, negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah:

1. Singapura

Singapura menjadi negara di Asia Tenggara dengan sistem pendidikan terbaik. Tentu saja kondisi ini tidak lepas dari kondisi geografis Singapura yang lebih kecil dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Dengan kondisi geografis tersebut, Singapura menjadi negara yang lebih mudah melakukan percepatan, pemerataan, sampai pengawasan kualitas pendidikan yang sudah diimplementasikan.

Pemerintah Singapura juga terus berinovasi dalam dunia pendidikan, mengintegrasikan teknologi terbaru dan metode pengajaran modern yang membuat sistem pendidikan di negara ini semakin maju.

2. Malaysia

Peringkat kedua pendidikan di Asia Tenggara ditempati oleh Malaysia. Terbukti dari banyak perguruan tinggi di Malaysia yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Selain fokus pada sistem pengembangan individu, sistem pendidikan di Malaysia juga dapat diakses dengan mudah dan ramah oleh masyarakat dari berbagai kalangan sosial dan ekonomi yang beragam.

Baca Juga: Nadiem Dicecar Pertanyaan Soal UKT Mahal hingga Anggaran Pendidikan Rp 655 Triliun Dikemanakan

Malaysia juga menawarkan berbagai program beasiswa untuk mendukung siswa berprestasi dan meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi semua kalangan.

3. Thailand

Peringkat ketiga ada negara Thailand sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang terbaik di Asia Tenggara. Thailand berhasil mengembangkan sistem pendidikan yang memprioritaskan keterampilan praktis kepada para pelajarnya.

Pemerintah Thailand juga telah melakukan banyak pembaruan dalam sistem pendidikan di negaranya, baik dengan cara meningkatkan kualitas pengajar hingga memperbanyak fasilitas sekolah. Thailand juga dikenal dengan program pendidikan teknis dan kejuruan yang kuat, memberikan siswa keterampilan yang langsung dapat digunakan di dunia kerja.

4. Indonesia

Indonesia menempati posisi keempat dalam sistem pendidikan di Asia Tenggara. Indonesia memberlakukan program pendidikan wajib bagi anak usia 7 hingga 15 tahun serta program sekolah negeri gratis.

Sejumlah perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia juga telah berstandar internasional, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Bandung. Meski demikian, tantangan yang dihadapi Indonesia adalah disparitas kualitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta masalah infrastruktur yang masih perlu dibenahi.

5. Filipina

Peringkat kelima sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah negara Filipina yang memiliki sistem pendidikan berkualitas berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan.

Baca Juga: Ratusan Legalitas Profesi Terbit di Muna Barat, Didominasi Pendidikan dan Kesehatan

Untuk pemerataan akses pendidikan, Filipina mempunyai program sekolah gratis untuk anak-anak dari keluarga kondisi kurang mampu dari segi finansial. Sistem pendidikan di Filipina juga mendorong partisipasi aktif siswa dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan bakat dan minat mereka.

Sebagai informasi tambahan melansir lister.co.id, ASEAN terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, Kamboja, Filipina, Myanmar, Vietnam, dan Thailand. Kesepuluh negara tersebut memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda.

Sementara di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, sistem pendidikan yang diterapkan dikenal dengan istilah Vocational Education. Sistem pendidikan ini mencakup program pelatihan kejuruan di bidang kecantikan, kuliner, dan teknik.

Sebagai contoh Brunai Darussalam, negara ini dikenal memiliki standar pendidikan yang tinggi dan didukung oleh pemerintah yang memberikan akses gratis hingga pendidikan tinggi. Brunei menekankan pada pendidikan berbasis Islam yang terintegrasi dengan kurikulum modern, memastikan siswa mendapatkan pendidikan agama dan akademis yang seimbang.

Infrastruktur sekolah di Brunei juga sangat maju, dengan fasilitas yang lengkap dan modern untuk menunjang proses belajar mengajar. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga