adplus-dvertising

5 Negara dengan Inflansi Paling Stabil, Termasuk Indonesia?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 13 Mei 2022
266 dilihat
5 Negara dengan Inflansi Paling Stabil, Termasuk Indonesia?
Walau mampu mengendalikan inflasi, inflasi Indonesia menjadi yang tertinggi sejak Agustus 2019 usai berada di kisaran 2 persen saat pandemi COVID-19. Foto: Repro liputan6.com

" Beruntung, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan inflasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini banyak negara yang tengah dilanda oleh inflansi, termasuk negara Indonesia. Inflasi sendiri merupakan suatu tanda atau keadaan di mana harga barang dan jasa mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut pun bisa berlangsung terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi yang yang terus meningkat akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Mengutip dari detik.com, inflasi terhubung dengan prinsip-prinsip ekonomi penawaran dan permintaan yang dapat dilihat secara positif atau negatif tergantung pada situasi spesifik dan tingkat perubahan.


Misalnya, sejumlah kecil inflasi biasanya dipandang sebagai sinyal bahwa ekonomi suatu negara sedang tumbuh dan penduduknya memiliki pendapatan yang memadai, keduanya merupakan hal yang baik.

Namun, inflasi berlebih terjadi ketika harga naik lebih cepat dari upah, menyebabkan mata uang kehilangan nilainya. Nilai satu unit mata uang (dolar, euro, dll.) menjadi kurang dari sebelumnya dan daya beli mata uang negara tersebut menurun.

Berikut adalah daftar 10 negara dengan tingkat inflasi tertinggi di dunia:

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Ungkap 4 Isu Utama Inflasi di Sultra

1. Venezuela - 1198.0%?

2. Sudan - 340.0%?

3. Lebanon - 201.0%?

4. Syria - 139.0%?

5. Suriname - 63.3%?

6. Zimbabwe - 60.7%?

7. Argentina - 51.2%?

8. Turkey - 36.1%?

9. Iran - 35.2%?

10. Ethiopia - 33.0%

Sebagai informasi, data tersebut diambil pada Januari 2022. Dengan demikian, tingkat inflasi dari negara-negara di atas bisa saja meningkat/turun tergantung pada kebijakan yang tengah diambil negara-negara tersebut.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Nah, beruntung Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan inflasi. Negara ini bahkan masuk dalam 5 negara di dunia dengan tingkat inflasi terjaga. Kok bisa?

Dikutip dari kompas.com, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, tingkat inflasi Indonesia mencapai 3,47 persen (yoy) pada April 2022. Meski terjaga, inflasi ini menjadi yang tertinggi sejak Agustus 2019 usai berada di kisaran 2 persen saat pandemi COVID-19.

Realisasi tersebut membuat inflasi sepanjang tahun 2022 mencapai 2,15 persen (year to date/ytd). Penyumbang inflasi utama pada April berasal dari komoditas minyak goreng, bensin, daging ayam ras, tarif angkutan udara, serta ikan segar.

Inflasi yang tinggi akibat faktor internal dan eksternal ini turut menjadi sorotan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Karena inflasi yang tinggi di dunia, tensi geopolitik antara Rusia-Ukraina, dan masalah umum ekonomi lainnya membuatnya bakal merombak APBN.

Baca Juga: BPS Sultra: Daya Beli Petani Pada April 2022 Meningkat

Anggaran COVID-19 yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bakal diarahkan untuk bantuan sosial dalam bentuk subsidi untuk mengurangi kejutan (shock) dahsyat akibat meningkatnya harga barang, termasuk energi (bensin dan elpiji).

Berikut ini 5 negara dengan tingkat inflasi terjaga hingga April 2022.

1. Jepang, dengan tingkat inflasi 1,2 persen (yoy).

2. Arab Saudi, dengan tingkat inflasi 2 persen (yoy).

3. China, dengan tingkat inflasi 2,1 persen (yoy).

4. Swiss, dengan tingkat inflasi 2,5 persen (yoy).

5. Indonesia, dengan tingkat inflasi 3,47 persen (yoy). (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga