adplus-dvertising

5 Obat Alami untuk Tenggorokan Gatal yang Praktis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 03 Desember 2022
432 dilihat
5 Obat Alami untuk Tenggorokan Gatal yang Praktis
Tenggorokan gatal ini cukup mengganggu aktivitas, makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi kondisi ini. Foto: Repro shutterstock

" Tenggorokan gatal menjadi kondisi kesehatan kurang fit yang sering dialami, baik orang dewasa maupun dialami anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Tenggorokan gatal menjadi kondisi kesehatan kurang fit yang sering dialami, baik orang dewasa maupun dialami anak.

Dikutip dari alodokter.com, tenggorokan gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca, polusi udara atau kondisi medis tertentu.

Untuk mengatasinya, ada berbagai obat-obatan yang dapat Anda coba agar rasa tidak nyaman dan gatal pada tenggorokan dapat reda.


Pada umumnya, tenggorokan gatal tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, sebab akan sembuh dengan sendirinya dalam 7-10 hari.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

Kendati demikian, tenggorokan gatal ini cukup mengganggu aktivitas, makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi kondisi ini.

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa obat tenggorokan gatal alami yang bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman:

1. Larutan garam

Dilansir dari Healhline, kumur dengan larutan garam efektif membantu mengatasi tenggorokan gatal. Caranya cukup praktis. Siapkan segelas air hangat yang diberi setengah sendok teh garam. Gunakan untuk berkumur selama 10 detik sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Madu

Dilansir dari WebMD, madu juga bisa digunakan sebagai obat batuk dan tenggorokan gatal alami. Bahan alami ini bisa membantu meredakan iritasi di tenggorokan.

Tapi ingat, jangan memberikan madu untuk bayi di bawah satu tahun karena bisa menyebabkan keracunan botulisme.

3. Mandi air hangat

Mandi di bawah pancuran air hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal karena alergi atau udara kering.

Cara sederhana ini bisa membantu menjaga lendir atau dahak di tenggorokan tidak mengering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan.

4. Wedang hangat

Menjaga hidrasi atau kecukupan cairan sangat penting ketika kondisi tenggorokan gatal. Dengan banyak minum, selaput lendir di tenggorokan bisa tetap lembap dan bersih.

Agar tenggorokan nyaman, coba minum wedang hangat. Anda bisa minum air putih hangat, seduhan chamomile, wedang jahe, atau wedang perasan lemon dengan madu.

Baca Juga: Ini Tips Aman Gunakan Skincare yang Tepat untuk Kulit

5. Kunyit

Kandungan zat antiperadangan kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi tenggorokan ringan. Anda bisa membuat wedang kunyit dengan cara mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir air putih hangat atau susu hangat.

Konsumsi minuman ini sekali sehari setiap malam sampai batuk dan tenggorokan gatal menghilang.

Nah Telisikers, itulah beberapa acara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga