5 Olahraga Terbaik Cegah Obesitas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
5 Olahraga Terbaik Cegah Obesitas
Lari adalah olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori lebih banyak. Foto: Repro Halodoc.com

" Untuk mencegah obesitas dan bantu menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk olahraga setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 20 menit per sesi "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi obesitas atau kelebihan berat badan bisa memicu banyak komplikasi penyakit dalam tubuh, sehingga perlu dihindari. Mencegah obesitas tak cukup dengan menjaga pola makan saja, tapi olahraga juga perlu dilakukan untuk membakar lemak dalam tubuh.

Dilansir dari Sindonews.com, untuk mencegah obesitas dan bantu menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk olahraga setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 20 menit per sesi.

Namun lebih dari 20 menit lebih baik jika Anda ingin benar-benar menurunkan berat badan. Melakukan olahraga ringan selama 15 menit saja seperti berjalan kaki sejauh satu mil setiap hari, akan membakar hingga 100 kalori ekstra.

Menurut Bachelor in Sport Coaching Muhammad Wilman Nugraha, ada beberapa olahraga yang mudah dan dapat dilakukan setiap hari.

“Jogging, lari. Kedua olahraga ini bisa jadi salah satu alternatif pilihan gerak yang bisa dilakukan setiap hari," kata Wilman.

Baca Juga: Waktu Aman untuk Olahraga Saat Puasa

Dikutip dari Beritasatu.com, berikut daftar olahraga yang baik untuk cegah obesitas.

1. Berjalan

Berjalan menjadi olahraga yang mudah dilakukan oleh hampir semua orang. Lakukan kegiatan ini setiap hari, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Berjalan selama minimal 30 menit setiap hari dapat membantu membakar kalori dan memperkuat otot.

2. Lari

Lari adalah olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori lebih banyak. Mulailah dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan dan secara bertahap tingkatkan intensitasnya.

Lari di luar ruangan juga memberikan manfaat tambahan karena tubuh mendapat paparan sinar matahari dan udara segar.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan tidak sulit dilakukan. Olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, seperti di jalan raya, di gunung, atau menggunakan sepeda statis di gym. Bersepeda membantu meningkatkan kekuatan otot dan membuat tubuh lebih bugar.

 

Bersepeda juga meningkatkan fokus, mengurangi stres, dan secara alami mencegah tubuh menimbun lemak yang berpotensi menjadi obesitas.

Baca Juga: Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Darah Rendah

4. Berenang

Renang adalah olahraga yang sangat efektif yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Renang punya banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari membantu meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan, sampai menyehatkan jantung dan paru-paru.

Selain itu, karena renang memiliki dampak yang rendah pada sendi, olahraga ini cocok untuk semua orang, termasuk mereka yang memiliki masalah pada sendi atau kelebihan berat badan.

5. Aerobik

Kelas aerobik menyediakan latihan kardiovaskular yang menyenangkan dan bergaya. Biasanya melibatkan gerakan yang memperkuat otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga ini juga membuat orang yang melakukannya terhindar dari berbagai penyakit, termasuk kelebihan berat badan yang bisa berpotensi menjadi obesitas. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga