5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda dan Cara Mengatasinya
Gejala asam urat terkadang mirip dengan beberapa penyakit lain. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga mereka yang masih usia muda. Foto: Repro SHUTTERSTOCK

" Salah satu kondisi Kesehatan yang kurang baik adalah asam urat. Penyakit satu ini seringkali dialami seseorang baik orang dewasa maupun mereka yang masih di usia muda "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi Kesehatan yang kurang baik adalah asam urat. Penyakit satu ini seringkali dialami seseorang baik orang dewasa maupun mereka yang masih di usia muda.

Dikutip dari siloamhospitals.com, penyakit asam urat atau gout merupakah salah satu jenis radang sendi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Umumnya penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di area persendian, sehingga sering kali sulit dibedakan dengan sakit rematik yaitu sakit yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan otot atau sendi.

Selain menimbulkan nyeri, penderita asam urat juga akan mengalami rasa panas hingga pembengkakan sendi.

Asam urat kebanyakan menyerang pria berusia sekitar 30 tahun dan pada wanita penyakit ini biasanya menyerang saat fase menopause. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh faktor keturunan, cedera, konsumsi minuman manis atau alkohol, konsumsi obat atau akibat kondisi medis lainnya.

Baca Juga: 6 Tanda Ini Orang Butuh Pakai Kacamata, Cek Segera

Namun bagi yang masih di usia muda, jangan senang dulu. Sebab penyakit asam urat ini juga bisa menyerang orang yang masih berusia muda.

Melansir detik.com dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), terdapat beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, di antaranya:

1. Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.

2. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.

3. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang atau tuna).

4. Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.

5. Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi dan obesitas.

Sementara itu, adapun beberapa perubahan gaya hidup diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit asam urat, yaitu:

1. Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

2. Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

Baca Juga: 10 Cara Atasi Insomnia Tanpa Obat

3. Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

4. Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa.

5. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Nah Telisiker, itulah beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda dan cara mengatasinya. semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga