5 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Hilang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
5 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Hilang
Munculnya jerawat menjadi hal yang biasa, namun jadi masalah jika tak kunjung hilang. Foto: klikdokter.com

" Salah satu masalah pada wajah yang seringkali dialami sebagian orang adalah jerawat. Apalagi jika jerawat tak kunjung hilang, akan mengganggu penampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah pada wajah yang seringkali dialami sebagian orang adalah jerawat. Apalagi jika jerawat tak kunjung hilang, akan mengganggu penampilan.

Dikutip dari halodoc.com, jerawat adalah gangguan pada kulit. Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan. Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut.

Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

Munculnya jerawat menjadi hal yang biasa, namun jadi masalah jika tak kunjung hilang. Maka perlu mengetahui penyebab keadaan jerawat ini tak kunjung pergi dari wajah.

Baca Juga: Tak Hanya Wanita, Kenali Masa Subur Pria Agar Program Hamil Sukses

Melansir yoursay.id laman byrdie, berikut penyebab jerawat tak kunjung hilang:

1. Penggunaan produk yang berlebihan

Dalam mengatasi inflamasi pada kulit, kamu perlu membuang jauh-jauh pemikiran bahwa semakin sering menggunakan produk, maka semakin bagus pula hasilnya. Alih-alih demikian, kamu tetap perlu memperhatikan petunjuk penggunaan suatu produk.

Penggunaan produk yang berlebihan justru memperburuk kondisi kulitmu, misalnya kamu tidak dianjurkan menggunakan produk salicylic acid atau benzoyl peroxide lebih dari satu produk dalam sehari.

2. Jerawat hormon

Jerawat cenderung muncul pada masa remaja saat kelenjar sebasea yang merupakan kelenjar penghasil sebum mulai berfungsi.

Menurut seorang dermatolog Dr Dendy Engelman sebagaimana dikutip byrdie, pada umur 20-an dan 30-an, munculnya jerawat sering disebabkan karena sebum (minyak) berlebih, bakteri, kotoran yang menyumbat pori-pori, dan perubahan kadar hormon.

3. Praktikkan kebersihan kulit

Tak disadari, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti tak mencuci muka sebelum tidur dan tak merawat kulit bisa memperburuk jerawat.

Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan bantal dan menjaga kebersihan kuas make up. Hindari penggunaan kuas make up secara bergantian dengan orang lain karena dapat memindahkan kotoran dan minyak ke kulitmu.

Make up juga bisa menyumbat pori-pori sehingga menjadi penyebab jerawat. Oleh karena itu, pilihlah produk skincare dan make up yang tidak menyumbat pori-pori yang ditandai dengan label non-comedogenic, non-acnegenic, dan oil-free.

4. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi

Terakhir, kamu juga harus perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Menurut Dr Alexander Zuriarrain sebagaimana dikutip byrdie, makanan bisa mempengaruhi hormon yang bisa membuat jerawat menjadi lebih buruk.

Makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin yang bisa mengubah hormon dan mempengaruhi kulitmu. Maka dari itu, kamu sebaiknya banyak mengonsumsi buah dan sayur untuk mencegah jerawat.

5. Tidak menggunakan produk skincare yang tepat

Selain karena hormon, jerawat juga bisa muncul karena tidak menggunakan produk yang tepat, lho. Kandungan skincare yang tersedia di pasaran untuk melawan jerawat adalah benzoyl peroxide dan salicylic acid.

Jika kamu menyadari jerawat tak kunjung pergi, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan tersebut ke dalam rangkaian perawatan kulit.

Baca Juga: 5 Dampak Berlebihan Main Smartphone Bagi Kesehatan Mental

Benzoyl peroxide berperan membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Sementara itu, salicylic acid dapat mencegah tersumbatnya pori-pori. Biasanya, salicylic acid yang ada di pasaran memiliki kandungan yang berkisar di 0,5 hingga 5 persen. Namun, efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan kandungan tersebut adalah iritasi kulit.

Nah, itulah beberapa penyebab jerawat tak kunjung hilang yang mesti Telisikers ketahui. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga