5 Penyebab Kekalahan Portugal saat Lawan Maroko

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 11 Desember 2022
0 dilihat
5 Penyebab Kekalahan Portugal saat Lawan Maroko
Para pemain Maroko melakukan sujud syukur usai menyingkirkan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) lalu. Foto: Repro Bola.net

" Kekalahan Timnas Portugal saat melawan Timnas Maroko banyak membuat fans sedih. Tak sedikit netizen menyebut kekalahan tersebut karena Cristiano Ronaldo hanya dijadikan pemain cadangan "

QATAR, TELISIK.ID - Kekalahan Timnas Portugal saat melawan Timnas Maroko banyak membuat fans sedih. Bahkan tak sedikit netizen di media sosial menyebut jika kekalahan tersebut karena Fernando Santos mencadangkan Cristiano Ronaldo.

Melansir Bola.net, pelatih berusia 68 tahun tidak menyesal meninggalkan sang superstar di bangku cadangan pada laga tersebut.

Pada babak kali ini, Fernando Santos tetap mengandalkan the winning team saat menendang kalah Swiss dengan mengandalkan Goncalo Ramos dan mencadangkan Ronaldo. Ditanya apakah dia menyesal tidak memasang sang bintang sejak menit awal, Santos mengungkapkan seusai laga.

"Tidak, saya kira tidak. Saya tidak menyesal, tidak menyesal. Ini adalah tim yang bermain sangat baik melawan Swiss. Cristiano Ronaldo adalah pemain hebat, dia masuk saat kami pikir itu perlu. Tidak, saya tidak menyesal," tegas Fernando Santos dikutip dari Bola.net.

Berikut ini 5 penyebab Portugal kalah dari Maroko, seperti dikutip dari Okezone.com.

1. Dukungan suporter

Suporter Maroko berperan penting di pertandingan ini. Hampir dari awal hingga akhir pertandingan, para penggemar Singa Atlas (julukan Maroko) tak berhenti memberikan semangat.

Baca Juga: Kekalahan Pahit Portugal Setelah Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Cadangan

Penggemar Maroko juga terlihat memenuhi tribun penonton. Dengan semangat para suporter Maroko, skuad asuhan Walid Regragui itu tampak bermain lebih lepas meski terus diserang Portugal. Mereka seperti bertanding di rumah mereka sendiri pada laga tersebut.

2. Yassine Bounou menjaga gawang dengan baik

Yassine Bounou merupakan kiper Timnas Maroko yang menjadi pemain terbaik dalam laga tersebut. Bagaimana tidak, ia berhasil menyelamatkan gawang Maroko dari gempuran-gempuran Portugal.

Tercatat, ia sukses mengamankan tiga peluang emas Timnas Portugal. Bahkan, di menit-menit akhir pertandingan, Bounou berhasil menepis tendangan Cristiano Ronaldo.

3. Pertahanan solid

Maroko berhasil tetap solid di tengah gempuran Timnas Portugal. Sebelumnya, mereka lebih dulu menyingkirkan Spanyol dengan menggunakan skema bertahan yang sangat apik.

Formasi tersebut pun kembali terulang pada laga melawan Portugal, Maroko mampu meredam para pemain sayap dan gelandang Portugal.

4. Buntunya lini depan Portugal

Lini depan Portugal juga menjadi pertanyaan dalam pertandingan ini. Sebab, mereka memiliki beberapa peluang emas sepanjang laga.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Belanda Pulang, Emiliano Martinez Jadi Pahlawan Argentina

Namun dari sekian banyaknya peluang yang tercipta, tak ada satupun gol yang mampu dicetak. Bahkan, Cristiano Ronaldo yang masuk di babak kedua pun juga tidak bisa menyamakan kedudukan.

5. Terlalu fokus menyerang

Timnas Portugal tampil mendominasi sepanjang pertandingan berlangsung. Bruno Fernandes cs terus menggempur demi mencetak gol lebih dulu.

Sayangnya, hal tersebut mampu dimanfaatkan Maroko dengan sangat baik. Maroko kerap kali membahayakan lini belakang Portugal dengan menggunakan skema serangan balik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga