5 Ras Anjing Pelacak Lazim Digunakan Kepolisian

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 27 November 2022
0 dilihat
5 Ras Anjing Pelacak Lazim Digunakan Kepolisian
Anjing memiliki kecerdasan lebih dibandingkan dengan hewan lainnya. Foto: Repro Petguide.com

" Di institusi kepolisian, anjing dijadikan hewan pelacak karena memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan hewan lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Anjing biasanya dijadikan hewan peliharaan bagi sebagian orang. Selain hewan peliharaan, di masyarakat pedesaan anjing dijadikan sebagai penjaga kebun.

Namun di institusi kepolisian, anjing justru dijadikan hewan pelacak, karena memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan hewan lainnya.

Berikut ini 5 ras anjing pelacak yang lazim digunakan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Belgian Malinois

Melansir Sindonews.com, ras anjing ini sebelumnya dimanfaatkan sebagai anjing penggembala. Namun pada perang dunia pertama, anjing ini kerap digunakan militer sebagai pembawa pesan ke markas.  

Baca Juga: Pentingnya Memperkenalkan Kearifan Lokal pada Anak

Indra penciuman yang tajam serta kecerdasan yang mereka miliki menjadikan alasan mengapa kepolisian dan militer memilih ras anjing ini. Obat-obatan terlarang, bom hingga senjata tajam mampu terdeteksi oleh belgian malinois yang terlatih.

2. Dutch Shepherd

Dikutip.dari Kompas.com, Dutch Shepherd merupakan anjing serba bisa karena memiliki karakter yang kuat, mandiri, setia, dapat diandalkan, waspada, aktif, cerdas, dan intuitif sehingga cukup handal bila melakukan tugas kepolisian atau militer.

3. Doberman Pinscher

Doberman Pinscher dilatih pada pekerjaan lapangan yang membutuhkan kekuatan fisik. Doberman digunakan untuk menangkap penjahat yang melarikan diri, kemudian menjatuhkan mereka ke tanah. Anjing ini cukup jarang digunakan seperti anjing polisi lainnya karena tingkat penciuman dan deteksinya tidak sebaik anjing polisi jenis lainnya.

4. Giant Schanutzer

Anjing-anjing ini sangat setia, kuat, dan cerdas. Dominasi dan sifat kasar mereka membuat mereka ideal untuk mengikuti perintah dan tidak mundur, kecuali jika diperintahkan untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Spesies Laba-Laba Paling Mematikan di Dunia

5. Labrador Retrieverse

Labrador Retrieverse memiliki kemampuan indera penciuman yang tajam untuk fokus dan mengikuti perintah tuannya, jenis anjing ini cukup populer di Amerika. Meski terlihat garang, nyatanya anjing jenis ini juga dikenal ramah dengan anak-anak.

Anjing ini juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata, anjing ini memiliki postur yang ideal, kaki dan bahunya yang kekar membuat mereka mampu berlari cepat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga