adplus-dvertising

5 Spot Wisata Menarik di Pulau Sombori

Rizal Saputra, telisik indonesia
Jumat, 21 Mei 2021
7357 dilihat
5 Spot Wisata Menarik di Pulau Sombori
Keindahan Pulau Kayangan di Pulau Sambori, Kabupaten Morowali. Foto: Rizal/Telisik

" Dari pantauan Telisik.id, terdapat lima spot wisata yang ada di Pulau Sombori. Seperti Puncak Kayangan, Pulau Kayangan, Pulau Koko, Pantai Air Kiri, Gua Berlian. "

MOROWALI, TELISIK.ID - Berlibur menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk sekedar melepas lelah dan penat setelah seharian melakukan aktivitas pekerjaan.

Tak jarang, orang memilih liburan di tempat yang menawarkan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi, seperti misalnya di Pulau Sombori, Desa Mbokita, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Salah satu daerah yang ada di perbatasan antara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) ini memang memanjakan mata dan menjanjikan ketenangan bagi para wisatawan.


Dari pantauan Telisik.id, terdapat lima spot wisata yang ada di Pulau Sombori. Seperti Puncak Kayangan, Pulau Kayangan, Pulau Koko, Pantai Air Kiri, Gua Berlian.

Berikut spot wisata alam yang ada di Pulau Sombori:

 

Keindahan Puncak Kayangan di Pulau Sambori, Kabupaten Morowali. Foto: Rizal/Telisik

 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Buton Utara yang Wajib Dikunjungi dengan Segala Keunikannya

1. Pulau Kayangan

Spot wisata yang satu ini menawarkan keindahan pemandangan laut yang jernih dan villa yang didesain indah memanjakan mata. Ditambah suasananya membuat para pengunjung tenang.

Selain itu, di Pulau Kayangan juga menyediakan tempat karaoke, tempat minum kopi dan tempat tinggal (villa), yang bisa digunakan untuk menginap beberapa hari.

Konon menurut cerita warga setempat, dahulu pulau ini dijadikan tempat lewat para nelayan.

2. Puncak Kayangan

Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan laut hijau yang dikelilingi pulau-pulau kecil yang memanjakan mata, rasanya belum afdol jika Anda berkunjung ke Pulau Sambori namun belum mengunjungi spot ini.

Untuk sampai ke spot ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit berjalan kaki dari tempat menginap yang ada di Pulau Kayangan.

Konon menurut cerita warga setempat, dahulu palau ini dijadikan tempat persinggahan nelayan untuk beristirahat bagi nelayan yang pergi dan pulang memancing.

3. Pulau Koko

Pulau Koko merupakan salah satu spot wisata yang ada di Pulau Sombori. Untuk sampai di pulau ini harus menyeberang menggunakan perahu, jarak tempuhnya hanya 10 sampai 15 menit.

Tempat ini juga menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih, cocok untuk kamu menikmati indahnya pasir putih sambil menunggu terbenamnya matahari.

Biasanya tempat ini dijadikan pengunjung untuk bakar ikan bersama keluarga.

Menurut cerita warga sekitar, dinamakan Pulau Koko karena dulu pulau ini dijadikan tempat berkebun, yang dalam bahasa bajo koko artinya kebun.

 

Pesona Pantai Air Kiri di Sombori, Kabupaten Morowali. Foto: Rizal/Telisik

 

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Kolaka Ini Bisa Dikunjungi saat Libur Lebaran

4. Pantai Air Kiri

Tempat wisata yang satu ini disebut air kiri, selain menampilkan tebing yang indah dan pulau-pulau di sekelilingnya, bagus dijadikan latar untuk berfoto.

Dahulu tempat ini dijadikan tempat persinggahan para nelayan dari Kendari untuk mengambil air minum yang ada di sela-sela batu. Dan untuk mengambilnyapun harus menggunakan tangan kiri, karena posisi batunya sulit kalau mengambil air menggunakan tangan kanan. Karena itu spot ini dinamakan Air Kiri.

Jarak tempuh untuk sampai ke tempat ini harus menaiki perahu kurang lebih 10 sampai 15 menit dari Pulau Kayangan.

5. Gua Berlian

Selain pantai, Pulau Sombori juga menyuguhkan keindahan gua. Gua ini disebut Gua Berlian karena memiliki lempengan batu yang mengeluarkan cahaya jika disenter.

Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu gua ini ditinggali orang. Hingga tak jarang kita temukan sisa-sisa kulit kerang yang dipercaya sebagai sisa-sisa makanan orang dahulu.

Muh. Ripal Khalik, salah satu pengunjung dari Unaaha mengatakan, selain banyak spot yang bisa dikunjungi, Pulau Sombori juga memberikan ketenangan bagi para pengunjung.

"Disini suasananya tenang, indah dan banyak yang bisa dikunjungi. Pokoknya mantap," kata Ripal, Rabu (19/5/2021).

Untuk sampai ke Pulau Sombori banyak jalur yang bisa ditempuh. Misalnya dari Kendari bisa lewal jalur darat sampai ke pelabuhan Molore. Jarak tempuh naik kapal ke Pulau Sombori selama 1 jam. Selain itu bisa juga mencarter kapal dari Kendari langsung ke Pulau Sombori, dengan jarak tempuh 4 sampai 5 jam. (B)

Reporter: Rizal Saputra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga