adplus-dvertising

5 Stadion Teraneh di Dunia, dari Lokasi Ketinggian Ekstrem hingga Mengapung di Atas Air

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 Maret 2021
1544 dilihat
5 Stadion Teraneh di Dunia, dari Lokasi Ketinggian Ekstrem hingga Mengapung di Atas Air
Ilustrasi giring bolo di stadion. Foto: Repro Bisnis.com

" Pasalnya, pada kenyataannya ada juga stadion yang jauh dari kebiasaan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Stadion menjadi salah satu elemen yang penting dari olahraga permainan sepak bola.

Bagaimana tidak, tanpa adanya sebuah stadion, suporter tidak bisa merasakan atmosfer menakjubkan kala dapat menyaksikan dengan mata-kepala sendiri klub kesayangannya berlaga.

Oleh karena itu, sejumlah negara berlomba-lomba untuk membangun stadion sepak bola megah dan indah. Namun, tidak jarang stadion berbentuk tak seperti biasa.


Pasalnya, pada kenyataannya ada juga stadion yang jauh dari kebiasaan. Seperti dilansir iNews.id yang mengutip The Sun, berikut lima stadion teraneh di dunia:

 

Estadio Hernando Siles. Foto: Repro google.com

 

1. Estadio Hernando Siles

Stadion yang terletak di La Paz, Bolivia ini terkenal berada di ketinggian yang cukup ekstrem. Letak stadion yang berada di ketinggian 3.640 meter di atas permukaan laut (dpl) membuat kadar oksigen sangat tipis.

Alhasil, setiap tim tamu yang bertandang ke sana cepat mengalami kelelahan. Contoh teranyar adalah Timnas Brasil. Neymar dan kawan-kawan membutuhkan oksigen di ruang ganti karena sedikitnya kadar oksigen ketika menghadapi Timnas Bolivia pada 2017 lalu.

 

Stadion Igraliste Batarija. Foto: Repro google.com

 

2. Igraliste Batarija

Stadion yang terletak di Kroasia ini memang bukan terletak di ketinggian yang ekstrem. Tetapi, tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pasalnya, markas klub bernama HNK Trogir ini diapit dua Warisan Dunia UNESCO.

Di salah satu sisinya, terdapat Kastil Kammerlengo dari abad ke-15. Sementara di sisi lainnya, terdapat Menara St. Marco yang dibangun di era nyaris sama. Hal ini mimbuat HNK Trogir bermain di tengah-tengah bangunan bersejarah.

Baca juga: Timnas Indonesia Bakal Hadapi Brasil, Argentina, dan Pantai Gading

 

Ottmar Hitzfeld GSPON Arena. Foto: Repro google.com

 

3. Ottmar Hitzfeld GSPON Arena

Sama seperti Estadio Hernando Siles, Ottmar Hitzfeld GSPON Arena juga terletak di tempat yang tinggi. Stadion yang berada di ketinggian 2.000 meter tersebut, dianggap sebagai stadion bola tertinggi di Eropa.

Selain tinggi, stadion tersebut juga sulit diakses. Saat musim salju tiba, area di sekitar stadion berubah menjadi bermain ski, dan cara satu-satunya untuk ke sana adalah dengan menggunakan kereta gantung.

 

Gospin Dolac Stadium. Foto: Repro google.com

 

4. Gospin Dolac Stadium

Lokasi stadion ini tergolong sedikit aneh, karena dikelilingi pegunungan. Tetapi, hal itu juga yang membuat stadion ini tampak berada di atmosfer alami. Selain itu, terdapat pula danau di balik tribune.

Penamaan stadion ini juga meminjam nama gereja di dekat stadion. Tidak hanya itu, markas klub NK Imotski ini termasuk salah satu stadion terindah di dunia pada 2017 lalu.

 

Stadion The Float, Singapura. Foto: Repro google.com

 

5. The Float

Stadion yang terletak di Singapura ini sangat unik. Pasalnya, lapangannya mengapung di atas permukaan air di kawasan Marina Bay. Sedangkan tribune penonton terletak sedikit jauh.

Hanya saja, karena lokasi yang sedikit aneh ini pula, nyaris tidak ada yang bermain di sana. Timnas Singapura saja sampai enggan untuk menggunakan The Float. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga