5 Tanaman Herbal yang Digunakan Rasulullah untuk Pengobatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 30 Oktober 2020
0 dilihat
5 Tanaman Herbal yang Digunakan Rasulullah untuk Pengobatan
Habbatussauda adalah salah satu bahan herbal yang dijadikan obat oleh Rasulullah SAW. Foto: Repro hellosehat.com

" Pengobatan menggunakan bahan herbal ini juga sudah dilakukan di masa Nabi Muhammad SAW. Berikut Telisik.id merangkum 5 tanaman herbal yang sering digunakan Rasulullah dari berbagai sumber. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengobatan secara alami atau herbal sudah dari dulu banyak orang lakukan, bahkan sampai hari ini banyak produk obat yang diolah dari bahan herbal.

Pengobatan menggunakan bahan herbal ini juga sudah dilakukan di masa Nabi Muhammad SAW. Berikut Telisik.id merangkum 5 tanaman herbal yang sering digunakan Rasulullah dari berbagai sumber.

1. Zaitun

Zaitun biasanya diolah untuk dijadikan minyak. Minyak zaitun ini mengandung asam palmatik, asam oleat, asam stearat hingga gliserida yang berguna untuk pengobatan. Banyak yang menggunakan minyak zaitun ini untuk mengobati hemoroid (wasir).

Abu Na’im berkata bahwa Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah berkata, “Makan minyak zaitun dan oleskan (secara lokal), karena ada obat untuk tujuh puluh penyakit di dalamnya, dan salah satunya adalah kusta.”

Baca juga: Anda Sering Sariawan? Ini 4 Obat Alami Agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

2. Henna

Saat ini henna memang lebih populer dengan seni melukis tangan. Namun, ternyata tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah India dan Sudan ini memiliki kandungan zat tanin dan efek antimikroba dan antivirus. Henna juga dapat menyembuhkan luka bakar, bisul, kutil dan mencegah pembentukan ulser (luka pada kulit atau membran mukosa yang ditandai dengan terbentuknya nanah, matinya jaringan, dan reaksi peradangan) dan kerak.

3. Siwak

Rasulullah menganjurkan untuk membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak. Saat ini orang mungkin akan berkunjung ke dokter untuk membersihkan plak atau karang gigi. Namun, siwak juga memiliki khasiat tersebut. Dengan kandungan astringen, deterjen dan abrasif, siwak mampu menghilangkan plak gigi yang membandel serta mampu menjaga kebersihan area mulut jika digunakan secara rutin.

4. Habbatussauda

Tanaman dengan nama latin Nigella Sativa ini memang terkenal dalam pengobatan Islam tradisional. Bijinya yang berwarna hitam biasanya diolah menjadi minyak dan berfungsi untuk menyembuhkan asma dan mampu meredakan efek racun pada sengatan tawon. Habbatussauda juga aman untuk konsumsi harian dan mampu menjaga kesehatan tubuh.

5. Kurma

Kurma merupakan salah satu buah favorit Rasulullah dan dianjurkan untuk santapan buka puasa. Tak hanya itu, kurma juga mampu mengobati infeksi, darah tinggi, dan melancarkan metabolisme tubuh. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga