5 Tanda Kamu Dehidrasi Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Maret 2023
0 dilihat
5 Tanda Kamu Dehidrasi Saat Puasa
Penting mengetahui tanda-tanda dehidrasi agar kita segera bisa mengatasinya. Foto: hellosehat.com

" Salah satu kondisi yang seringkali dialami seseorang saat berpuasa ramadan adalah dehidrasi. Maka perlu mengetahui tanda-tanda dehidrasi agar segera bisa diatasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi yang seringkali dialami seseorang saat berpuasa ramadan adalah dehidrasi. Maka perlu mengetahui tanda-tanda dehidrasi agar segera bisa diatasi.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, air memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh menjadi penting agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang mereka terima.

Kondisi dehidrasi apabila dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, akan menyebabkan berbagai penyakit penyerta dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh, seperti memicu munculnya batu ginjal, kerusakan otot, hingga mempengaruhi fungsi ginjal.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda ketika tubuh mengalami dehidrasi, agar kita bisa segera melakukan tindakan untuk mengatasi dehidrasi yang berkepanjangan.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Bagi Organ Tubuh Saat Berpuasa

Melansir idntimes.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tanda saat tubuh mengalami dehidrasi ketiak berpuasa:

1. Kulit kering

Dehidrasi saat berpuasa juga dapat mempengaruhi kondisi kulit. Biasanya saat kita mengalami dehidrai kulit akan menjadi kering dan bersisik. Hal ini terjadi karena kurangnya air yang masuk ke dalam tubuh, sehingga sel-sel kulit kekurangan cairan dan mineral esensial.

Kulit yang terhidrasi dengan cepat akan kembali ke posisi normalnya, sedangkan kulit yang mengalami dehidrasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali normal.

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secara cukup selama berpuasa, dan hindari kulit terlalu lama terpapar sinar matahari.

2. Mulut kering dan tenggorokan gatal

Tanda- tanda pertama kamu mengalami dehidrasi saat berpuasa adalah mulut kering dan tenggorokan terasa gatal. Hal ini terjadi ketika jumlah air dalam tubuh menurun, sehingga menyebabkan produksi air liur juga menurun.

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas air perhari. Kamu bisa mencobanya dengan cara, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam serta 2 gelas saat sahur.

3. Jantung berdebar

Dehidrasi dapat menyebabkan gejala jantung seperti jantung berdebar atau sensasi berdebar, berdebar atau detak jantung tidak teratur.

Selain itu, tidak minum cukup cairan dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan jantung.

Dilansir Healthline, dehidrasi dapat merusak fungsi jantung dalam beberapa cara, termasuk mempengaruhi fungsi pembuluh darah secara negatif dan mengubah pengaturan tekanan darah.

4. Pusing dan sakit kepala 

Dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala yang parah. Dilansir Helathline, sakit kepala terjadi karena terjadinya penipisan cairan dalam tubuh menyebabkan peregangan saluran darah di otak. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan sakit kepala. 

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secara cukup saat berbuka dan sahur.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Selama Berpuasa

5. Urie berwarna gelap

Jika kamu tidak minum cukup cairan, urin kamu akan berwarna lebih gelap. Selain itu, kamu juga akan jarang buang air kecil.

Urin berwarna lebih gelap dapat terjadi ketika tubuh kamu menyimpan lebih banyak air dan tidak mengeluarkannya ke dalam urin. Karena alasan ini, urin menjadi lebih pekat dengan produk limbah dari tubuh, seperti natrium dan urea.

Nah, itulah beberapa tanda jika tubuh mengalami dehidrasi saat melakukan ibadah puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga