5 Tiang Listrik Tumbang di Kota Baubau, Akses Lintas Daerah Terhambat

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
5 Tiang Listrik Tumbang di Kota Baubau, Akses Lintas Daerah Terhambat
Perbaikan tiang listrik yang tumbang tertimpa pohon dan truk serta kendaraan besar lainnya tertahan karena jalan diblokade. Foto: Elfinasari/Telisik

" 5 buah tiang listrik tumbang di Jl Pahlawan Km 2, Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, mengakibatkan akses jalan lintas daerah terhambat "

BAUBAU, TELISIK.ID - 5 buah tiang listrik tumbang di Jl Pahlawan Km 2, Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, mengakibatkan akses jalan lintas daerah terhambat dan banyak warga sekitar yang jatuh akibat memaksa melintas.

Manager ULP Kota Baubau, Merdin Kasim, menjelaskan bahwa tiga tiang patah, memengaruhi dua gardu dengan sekitar 200 pelanggan terdampak. Proses pemulihan sudah mencapai 40 persen dengan dua tim tambahan untuk memotong pohon yang tumbang.

Keputusan yang diambil, tiang yang patah diganti dengan satu tiang, yang memiliki tinggi 12 meter menggantikan yang patah yang tingginya 11 meter. Jadi, hanya tiga tiang yang benar-benar diganti.

“Tim kejar dari semalam dan sekarang jam 9 pagi, kurang lebih 8 jam lagi kami usahakan akan selesai, karena kejar sisi pelayanan masyarakat,” tuturnya Rabu (29/11/2023).

Ia menambahkan, kendala utama adalah warga yang memaksa melewati jalan padahal banyak kabel yang terputus. Akibatnya, banyak warga yang terjatuh. Mobil truk dan kendaraan besar lainnya tertahan karena tanjakan curam di jalan alternatif.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Kota Baubau Sebabkan Gangguan Indihome

“Kalau berdasarkan info mobil truk dan mobil besar lainnya tertahan karena tidak ada yang berani lewat jalan alternatif, karena tanjakan jalan terlalu curam,” tambahnya.

Kendaraan milik Pertamina, Dinas Kebersihan (karena TPA di Wakonti) dan Dinas Perhubungan, jadi terhambat semua. Pihak PLN mengimbau agar warga jangan enggan untuk ditebang pohonnya ketika ada yang telah lapuk karena dapat menimbulkan dampak yang cukup berbahaya.

“Kami juga punya tim khusus untuk penebangan pohon setiap hari jalan,” tambahnya.

Salah satu supir truk, Dedy mengaku bahwa jalan diblokade sejak semalam.

Baca Juga: Banyak Tiang Listrik Tumbang, Warga Diminta Lapor PLN Jika Masih Temukan

“Dari semalam saya tunggu di sini, baru yang saya muat ikan mau dibawa ke pelabuhan tapi terkendala,” ucapnya.

Munawar, warga sekitar jalan yang diblokade menuturkan bahwa Kendaraan sudah dilarang lewat karena ada tiang listrik yang tumbang, tapi supir truk itu tetap saja lewat, sehingga tertahan.

“Dari semalam memang saya lihat itu sopir truk disitu tidak bisa melintas," tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga