adplus-dvertising

5 Tips Agar Tak Galau Hadapi Masa Depan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
585 dilihat
5 Tips Agar Tak Galau Hadapi Masa Depan
Salah satu cara mengurangi galaumu terhadap masa depan adalah dengan mencari sumber motivasi dari orang lain. Foto: Repro idntimes.com

" Tiap orang tentunya memiliki harapan impian atau cita-cita. Tak sedikit yang berusaha untuk menggapai impiannya dengan susah payah, tapi seiring berjalannya waktu apa yang kita rencanakan terkadang tidak sesuai dengan realita yang diharapkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiap orang tentunya memiliki harapan impian atau cita-cita. Tak sedikit yang berusaha untuk menggapai impiannya dengan susah payah, tapi seiring berjalannya waktu apa yang kita rencanakan terkadang tidak sesuai dengan realita yang diharapkan.

Bagi usia remaja sangat penting untuk mengembangkan diri dan melakukan apa yang mereka sukai serta sesuaikan dengan bakat yang dimiliki.

Kita tentu pernah merasakan galau akan masa depan nantinya, akan jadi seperti apa dan bagaimana hidup kita kedepannya. Hal ini terkadang membuat sebuah ketakutan besar dalam hidup yang sering terjadi oleh banyak orang.


Sebelum mengetahui tips-tips hadapi masa depan, ada baiknya ketahui hal-hal yang bisa menyebabkan galau terhadap masa depan, seperti dilansir dari fimela.com:

1. Kurangnya pengetahuan

Salah satu penyebab galau pada masa depan atau hal yang diimpikan oleh setiap orang adalah kurangnya pengetahuan. Seringkali kita akan mengejar sesuatu yang dirasa sangat baik tanpa memiliki pengetahuan yang tepat serta prinsip apa saja yang harus dilakukan. Pengetahuan akan hal yang kita impikan sangat penting, selain itu pengetahuan inilah yang dapat menjadi kekuatan untuk berkembang.

2. Pemberi nasehat yang salah

Tentu sebelum menentukan tujuan hidup terkadang kita akan bercerita pada seseorang yang lebih tua atau sebelumnya berpengalaman, banyak orang yang tengah menjadi korban dari penasihat yang salah memberikan informasi. Tentu kita harus tetap berhati-hati dengan nasihat atau pendapat seseorang, karena beberapa pendapat dari mereka akan berbeda dari pandangan kita dan beberapa orang lainnya

3. Pengaruh Orang Tua

Mungkin hal ini akan menjadi sebuah tantangan bagi kebanyakan orang yang sering dialami, beberapa orang tua juga mendaftarkan berbagai les private atau lainnya yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keinginan dari sang anak. Padahal masalah satu ini dapat memberikan pengaruh yang kurang baik kepada anak, sangat penting bagi orang tua membiarkan anak-anaknya untuk memutuskan apa yang mereka inginkan dan yang baik untuk mereka.

4. Rasa takut

Ketakutan merupakan sebuah ancaman yang terjadi pada setiap orang, banyak orang yang terkadang meragukan kemampuan mereka untuk berhasil dan membuatnya merasa sangat takut. Rasa takut dan ragu-ragu yang dialami oleh setiap orang tentu akan membuat mereka mempertimbangkan impian dan tujuannya di masa depan.

5. Tidak mendapat dukungan

Kurangnya seseorang yang mendukung impian dan tujuan di masa depan akan membuat banyak orang merasa bahwa tidak ada yang memperdulikannya. Setiap orang yang melewati masa dewasa atau masih remaja tentu pernah merasakan galau akan masa depan dan tujuan di masa yang akan datang. Rasa galau yang dialami oleh setiap orang terkadang dapat menghambat apa yang mereka impikan dan ketahui, untuk itu ada baiknya jika kamu membiarkan hal ini kepada konselor atau orang tua.

Hal inilah yang memicu kita jadi galau tentang masa depan. Namun tenang saja, jangan buru-buru khawatir pada hal yang belum pasti,

Baca Juga: 9 Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu, Nomor 3 Mengejutkan

Dilansir dari idntimes.com, berikut ini lima cara mengatasi galau tiba-tiba saat memikirkan masa depan.

1. Cari aktivitas lain

Saat pikiran tiba-tiba over thinking terhadap masa depan, coba deh atasi dengan mencari aktivitas yang lain. Jangan biarkan kecemasan pada hal yang belum pasti, merusak suasana hatimu. Kamu bisa mengalihkan pikiran pada aktivitas lain mungkin menekuni hobi, nonton film, olahraga, nongkrong bareng teman, dsb.

2. Over thingking seperlunya

Kadang pikiran galau terhadap masa depan perlu juga kita nikmati. Sesekali kita juga perlu over thinking mengenai hal tersebut. Supaya kamu bisa memikirkan bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan, supaya bisa mempersiapkan segala risiko yang bisa kapan saja terjadi, dan lainnya.

3. Fokus

Daripada memikirkan hal yang belum pasti, lebih baik fokus pada dirimu sendiri. Nikmati hidupmu sekarang dan lakukan kegiatan yang bisa mengasah kemampuan atau skill.

Misalnya, jika saat ini kamu sedang galau setelah lulus kuliah mau kerja di mana, nah lebih baik dipersiapkan mulai sekarang. Kamu bisa rajin ikut workshop, magang, belajar bahasa asing, dsb. Dengan demikian kamu bisa mengatasi kegalauan tersebut dengan hal yang bermanfaat.

4. Hindari pikiran negatif

Pemicunya pun bisa dari mana saja, karena kita suka membandingkan diri dengan orang lain, karena iri melihat mereka dengan kelebihan atau pencapaian yang telah diraih, dsb.

Baca Juga: Anak Tak Suka Pelajaran Matematika? Ini 8 Tips Mengatasinya

Maka jauhi hal-hal yang bisa memunculkan over thinking tersebut supaya kedamaian hati bisa kamu raih. Sayangi jiwa dan pikiranmu, tetaplah yakin bahwa masa depan akan baik-baik saja asalkan kita mau berusaha dan tidak lupa berdoa.

5. Cari motivasi

Kadang penyebab kita selalu cemas memikirkan masa depan, ragu terhadap hidup yang dijalani, dan over thinking pada hal yang belum pasti, karena kita gak punya sumber motivasi dalam hidup. Carilah sumber motivasi tersebut mungkin dari orang tua, dari cita-cita yang ingin kamu gapai, atau dari quote inspiratif yang pernah kamu baca.

Percaya deh motivasi tersebut adalah sumber kekuatan yang bisa kamu pegang. Saat kamu merasa down atau jatuh, ingat lagi motivasi tersebut supaya bisa kembali bangkit.

Mengejar mimpi, harapan atau cita-cita memang perlu. Jadi apapun rintangan yang kamu hadapi di masa depan tetap semangat ya, tak usah galau berlebih. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga