5 Tips Agar Tetap Aman Saat Angin Kencang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Agar Tetap Aman Saat Angin Kencang
Agar tetap aman dari angin kencang ini, perlu mengetahui tips untuk menjaga keselamatan diri. Foto: tirto.id

" Salah satu bencana alam yang seringkali terjadi di Indonesia adalah angin kencang. Agar tetap aman, perlu mengetahui tips untuk menjaga keselamatan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bencana alam yang seringkali terjadi di Indonesia adalah angin kencang. Agar tetap aman, perlu mengetahui tips untuk menjaga keselamatan diri.

Pada umumnya, dikutip dari tirto.id, angin kencang merupakan salah satu jenis angin. Angin adalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau sebaliknya.

Terjadinya angin disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu wilayah.

Sedangkan dikutip dari unggahan akun Instagram DKI Jakarta, angin kencang adalah angin dengan kecepatan di atas 25 knots (45 km/jam). Angin kencang juga dikenal dengan sebutan angin puting beliung.

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Lidah Perih Akibat Kepanasan

Angin kencang berasal dari awan cumulonimbus (Cb), yaitu awan yang bergumpal berwarna abu-abu gelap dan menjulang tinggi.

Agar tetap aman dari angin kencang ini, kita perlu mengetahui tips untuk menjaga keselamatan diri.

Melansir aswata.co.id, berikut beberapa tips untuk mengantisipasi agar tetap selalu aman saat terjadi angin kencang.

1. Matikan aliran listrik

Langkah kedua jika terjadi angin kencang yaitu dengan mematikan semua aliran listrik dan juga mematikan peralatan elektronik agar tidak terjadi arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran apabila atap rumah tertimpa benda berat.

2. Menutup pintu dan jendela

Apabila terjadi angin kencang saat di rumah, hal yang pertama adalah menutup dan mengunci pintu dan juga jendela agar anginnya tidak berhembus ke dalam rumah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada perabotan rumah.

3. Hindari tertimpa

Jika memutuskan untuk berlindung hal yang penting untuk diperhatikan yaitu dengan menghindari tiang listrik, papan reklame untuk menghindarkan diri dari reruntuhan.

4. Berlindung di tempat aman

Ajak seluruh anggota keluarga dengan berlindung di tempat yang aman. Carilah dataran rendah yang luas untuk mencari aman dari angin kencang dan hindarilah berlindung di bawah jembatan, pohon, dan bangunan tinggi dikarenakan potensi untuk roboh sangat membahayakan jiwa.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman

5. Berteduh jika sedang berkendara

Hal yang paling penting apabila kamu sedang berkendara di jalan agar menepikan kendaraan dan juga masuk ke dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi agar tetap selalu aman saat terjadi angin kencang. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga