adplus-dvertising

5 Tips Agar Tetap Sehat saat Begadang Nonton Piala Dunia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 27 November 2022
448 dilihat
5 Tips Agar Tetap Sehat saat Begadang Nonton Piala Dunia
Penting untuk mengetahui cara agar tidak terlalu terdampak kelelahan saat terjaga semalaman menonton sepak bola. Foto: Repro google.com

" Begadang seringkali tidak hanya dilakukan untuk kumpul dengan teman-teman saja, namun juga saat menonton sepakbola yang berlangsung tengah malam "

KENDARI, TELISIK.ID - Begadang seringkali tidak hanya dilakukan untuk kumpul dengan teman-teman saja, namun juga saat menonton sepakbola yang berlangsung tengah malam.

Dikutip dari klikdokter.com, pertandingan sepak bola sering kali ditayangkan lewat tengah malam, menyesuaikan waktu lokasi pertandingan, termasuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Demi menonton langsung, orang-orang rela begadang atau menyisihkan sekitar 2 jam waktu tidur malamnya untuk menonton.


Dampak buruknya, rasa kelelahan (fatigue) di pagi harinya. Kelelahan ini tak lain disebabkan oleh terforsirnya fisik dan juga mental untuk bekerja atau beraktivitas melampaui waktu biasanya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Membersihkan Wajan Gosong

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara agar tidak terlalu terdampak kelelahan saat terjaga semalaman menonton sepak bola.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa tips tetap sehat saat begadang nonton sepak bola:

1. Sempatkan untuk Tidur

Menonton pertandingan artinya akan terjaga sepanjang malam, hingga dini hari. Agar kebutuhan tidur tetap terpenuhi, sisatilah dengan cara mengatur pola tidur. Misalnya biasakan untuk tidur lebih awal, atau jika memungkinkan sempatkan untuk selalu tidur siang.

Jika pertandingan sepak bola digelar pada pukul 21.00 WIB, kamu bisa memanfaatkan waktu sebelumnya untuk membersihkan diri, dan sejenak beristirahat bahkan tidur.

Atau jika ada kesempatan di kantor, ambillah beberapa menit waktu istirahat untuk tidur siang. Jangan lupa untuk memasang alarm biar enggak keterusan tidur.

2. Olahraga Ringan

Selain cukup tidur, menjaga tubuh tetap bugar juga harus dilakukan dengan olahraga rutin.

Olahraga bisa membantu menyeimbangkan kondisi tubuh, sehingga kamu bisa tetap segar dan sehat meski bergadang. Agar tidak loyo, kamu juga bisa membiasakan berolahraga setidaknya di pagi hari.

Cobalah untuk menyempatkan jalan santai atau lari pagi sekitar 20 menit sebelum kembali beraktivitas. Kebiasaan ini bisa meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih segar meski sebelumnya begadang.

3. Makan Sehat

Makan sehat bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat meski sedang kurang tidur. Sebaliknya, agar kamu tetap sehat meski begadang nonton piala dunia, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu masalah.

Saat bergadang, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan manis. Meski jenis makanan itu bisa memberi energi tubuh, mengonsumsinya saat begadang malah bisa membuat tubuh menjadi lesu. Sebagai gantinya, sediakan selalu makanan sehat seperti yogurt, buah buah, atau sayuran sebagai teman nonton bola.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh agar Parfum Tahan Lama di Badan

4. Selalu Sedia Air Putih

Meski pertandingan sangat seru dan sayang dilewatkan, jangan lupa untuk tetap minum air putih. Sebab asupan cairan merupakan hal yang paling dibutuhkan tubuh. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Kurang minum air putih bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan.

Maka dari itu, pastikan untuk menyediakan setidaknya satu botol air di antara makanan dan minuman yang menemani nonton bola malam ini!

5. Hidupkan Lampu

Meski menonton televisi dalam keadaan gelap lebih terasa nyaman, sebaiknya hal ini tidak dibiasakan. Sebab kebiasaan menonton televisi tanpa menyalakan lampu malah bisa membuat mata lebih cepat lelah dan merasa tegang.

Nah Telisikers, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat meski harus begadang nonton pertandingan sepak bola. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga